Terbit: 11 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita selalu menganggap kalau pria yang mengalami kegemukan atau obesitas menyebabkan proses kehamilan tidak bisa berjalan dengan lancar. Saat pria memiliki kadar lemah yang tinggi di dalam tubuhnya, sperma yang dihasilkan tidak akan berkualitas dan jumlahnya tidak akan banyak. Untuk memperbaiki kualitas sperma ini pria disarankan untuk memiliki berat badan ideal.

Badan Terlalu Kurus Membuat Pria Tidak Subur

Nah, berat badan ideal tidak hanya disyaratkan pada pria yang obesitas. Mereka yang terlalu kurus juga bisa mengalami infertilitas atau tidak sabur karena beberapa faktor, berikut ulasannya.

Pria kurus memiliki kualitas sperma buruk
Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Skotlandia, dilaporkan bahwa pria yang kurus cenderung tidak subur dan susah menjalankan proses mendapatkan momongan dengan istrinya. Pria yang terlalu kurus cenderung tidak memiliki asupan nutrisi yang baik. Akibatnya, organ di dalam tubuh termasuk testis tidak bisa bekerja dengan baik.

Saat testis tidak bisa bekerja dengan baik, sperma yang dihasilkan tidak akan banyak dan sehat. Akibatnya, sel telur akan susah dibuahi dan kehamilan akan susah didapatkan. Untuk mengembalikan kesuburannya, pria harus mulai memperhatikan keadaan tubuhnya khususnya asupan nutrisi yang didapatkan setiap harinya.

Cara menaikkan berat badan yang aman
Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, membentuk otot, dan mengembalikan kualitas dari sperma, pria harus melakukan diet yang sehat. Untuk menaikkan berat badan, kalori harian yang didapatkan harus banyak atau surplus dari kalori yang dikonsumsi sebelumnya.

Pria disarankan untuk mengonsumsi buah, sayur, dan daging yang mendung banyak protein agar keadaan tubuhnya segera membaik. Lebih lanjut, untuk memberikan kebugarannya, pria juga bisa mulai melakukan program olahraga untuk menambah masa otot di dalam tubuhnya.

Dari uraian di atas, kita bisa membuat kesimpulan bahwa untuk mengembalikan kesuburan pria, mereka harus berusaha mendapatkan badan ideal. Kalau obesitas, lemak harus diturunkan sementara kalau kurus harus menambah masa otot dan tubuhnya dengan benar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi