Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah tidur dan beristirahat cukup pada malam hari, seharusnya tubuh menjadi lebih bugar dan saat bangun tidur. Tapi, pernahkah Anda merasakan hal sebaliknya? Bukannya mendapat kebugaran, justru tubuh menjadi pegal dan terkadang merasa nyeri pada beberapa bagian. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Badan Terasa Pegal Saat Bangun Tidur? Inilah Penyebabnya!

Photo Credit: pexels.com

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan tubuh menjadi tidak fit serta merasa pegal saat bangun tidur. Dari berbagai sumber yang dihimpun, berikut adalah 3 penyebabnya:

  • Salah Posisi Tidur

Posisi tidur seseorang memang sangat berpengaruh bagi kebugaran serta kesegaran tubuh. Anda mungkin pernah merasa nyeri dan pegal pada area tubuh saat Anda sedang bangun tidur. Padahal, selama tidur, tubuh tidak melakukan kegiatan apapun, tapi mengapa bisa terasa nyeri dan pegal? Bisa jadi posisi tidur Anda salah. Posisi tidur yang salah selama berjam-jam akan menyebabkan aliran darah pada tubuh berkurang yang mengakibatkan pasokan oksigen di area tersebut menurun, sehinggan menyebabkan nyeri dan pegal.

  • Kurang Olahraga

Olahraga memang bagus untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan olahraga, peredaran darah juga akan menjadi lancar sehingga darah bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Namun, jika Anda kurang berolahraga, maka peredaran oksigen tidak akan berjalan sempurna. Sehingga bagian tubuh terutama otot akan terasa kaku dan mengakibatkan rasa nyeri dan pegal-pegal di seluruh tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  • Kelebihan Berat Badan

Memiliki badan yang terlalu gemuk juga tidak baik untuk kesehatan. Badan yang terlalu gemuk akan menimbulkan berbagai macam penyakit, khususnya obesitas. Selain itu, jika Anda memiliki kelebihan berat badan akan mengganggu kenyaman tidur Anda, karena pada saat sedang tidur, sendi-sendi dalam tubuh akan tertekan. Hal tersebut jika dibiarkan terlalu lama, maka akan membuat sendi semakin tegang sehingg membuat sendi dan otot terasa pegal dan nyeri.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi