5 Cara Mengatasi Tubuh yang Panas Berlebihan Saat Hamil

badan-panas-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com – Selama hamil wanita harus melakukan banyak hal untuk melindungi janin dan membuat dirinya menjadi sehat. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan wanita juga banyak mulai dari tidak boleh mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, terlalu manis, hingga makanan ekstrem yang mengandung bahan berbahaya lainnya.

Mengatasi Panas Berlebihan Saat Hamil

Saat musim kemarau, wanita juga harus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap dingin dan tidak mengalami masalah. Hal ini perlu dilakukan agar wanita tidak mengalami dehidrasi dan membahayakan kesehatan janinnya secara menyeluruh.

Kalau Anda sedang hamil atau mungkin merencanakan kehamilan, ingat beberapa cara di bawah ini agar selalu segar dan tidak mengalami dehidrasi.

  1. Mengonsumsi Cukup Air Putih Setiap Hari

Minum adalah salah satu hal yang sering dihindari oleh ibu yang sedang hamil. Pasalnya mereka jadi sering besar dan akhirnya bolak-balik kamar mandi. Kalau kandungan masih kecil mungkin tidak akan masalah. Namun, kalau sudah besar pasti capai dan bisa membuat badan jadi lelah.

Meski demikian, minum saat hamil adalah hal yang sangat penting. Wanita harus mencukupi 7-8 gelas atau dua liter air sehari. Saat musim panas jumlah ini tidak boleh kurang karena dehidrasi bisa membahayakan ibu dan janinnya.

Air putih yang dikonsumsi usahakan yang bersuhu ruangan dan tidak terlalu panas atau dingin. Tujuan kita mengonsumsi air adalah menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh yang berlebihan.

  1. Kurangi atau Hindari Makanan yang Asin dan Berkafein

Hindari makanan yang terlalu asin setiap harinya. Makanan yang asin akan membuat Anda merasa kehausan setiap saat. Cairan di dalam tubuh juga bisa menurun sehingga kondisi dehidrasi bisa terjadi. Sesekali mengonsumsi makanan asin tidak masalah, tapi dibarengi dengan minum yang banyak.

Anda juga tidak disarankan untuk banyak mengonsumsi kopi atau minuman dengan kandungan kafein lainnya. Minum kopi akan membuat tubuh sering buang air kecil dan tubuh jadi dehidrasi. Efek diuretik pada kopi membuat Anda semakin lemas dan saat hari panas tiba, kondisi tubuh bisa semakin memburuk.

  1. Selalu Pakai Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Kalau sedang hamil gunakan pakaian yang nyaman dan juga longgar. Pakaian ini akan membuat wanita jadi tidak mudah kepanasan dan berkeringat. Coba gunakan pakaian dengan bahan katun atau satin agar tidak membuat kulit jadi panas atau membuat goresan luka di sana.

Menggunakan pakaian yang longgar juga bisa membuat Anda jadi lebih adem. Pasalnya pakaian yang ketat bisa meningkatkan kelembaban tubuh khususnya di area vagina. Anda bisa mudah berkeringat dan akhirnya tidak nyaman.

  1. Jangan Terlalu Banyak di Luar Ruangan

Kalau wanita tidak bekerja atau hanya bekerja di dalam ruangan saja mungkin hamil tidak akan jadi masalah. Mereka tetap merasakan dingin dari kipas angin atau mungkin AC. Kondisi dingin yang nyaman ini akan membuat wanita tidak mudah dehidrasi meski harus bekerja.

Kalau wanita tetap harus bekerja atau sering di luar ruangan. Lebih baik membawa payung atau menghindari terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Membawa air di dalam botol bisa membantu untuk mencegah dehidrasi.

  1. Mandi secara Rutin Setiap Hari

Kalau wanita tidak tahan dengan panasnya udara di luar atau di dalam ruangan dan minum saja tidak meredakannya. Mandi adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan. Coba mandi atau gunakan shower untuk membuat tubuh menjadi dingin dari atas hingga ke bawah.

Anda tidak perlu mengonsumsi es atau sejenisnya yang justru berbahaya. Setelah merasa dingin, minum air putih tanpa tambahan gula untuk membuat tubuh bagian dalam segar. Lakukan secara rutin bila perlu membawa botol air ke mana saja.

Saat sedang mandi, usahakan untuk tidak menggunakan air dingin dalam jumlah banyak. Ada baiknya menggunakan shower atau kalau ingin berendam bisa menggunakan air hangat. Setelah mandi dengan air hangat, tubuh akan cenderung lebih dingin.

  1. Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Air Besar

Selain mengonsumsi air dalam jumlah banyak sekitar 6-8 gelas. Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air cukup banyak. Misal mengonsumsi buah dan sayuran yang penuh dengan jus. Makanan ini juga akan menyuplai banyak air ke dalam tubuh.

Selain menyuplai air dalam jumlah banyak, dengan mengonsumsi buah dan sayuran, tubuh juga akan mendapatkan antioksidan yang sangat besar. Antioksidan ini akan membuat tubuh tidak mudah sakit dan daya tahan selama hamil akan tetap terjaga.

  1. Kamar Tidur Harus Sejuk

Hal terakhir yang harus dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih sejuk dan tidak terlalu panas adalah berada di kamar yang dingin. Kamar yang dingin akan membuat Anda jadi sangat nyaman dalam melakukan banyak hal termasuk untuk beristirahat.

Kalau tubuh sering panas dan situasi sekitar tidak bisa dikendalikan, kemungkinan besar akan mengganggu istirahat. Padahal istirahat yang cukup sangat penting untuk wanita hamil.

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh wanita hamil untuk menjaga dehidrasi saat udara sangat panas. Lakukan beberapa hal di atas dengan baik agar tubuh lebih nyaman dan tidak terganggu waktu istirahatnya.

 

 

Sumber:

  1. Baby Center. Pregnant and feeling the heat? Here’s how to cope. https://www.babycentre.co.uk/a1004503/pregnant-and-feeling-the-heat-heres-how-to-cope. (Diakses pada 19 Oktober 2019)
  2. Unity Point. 12 Things No One Expects During a Summer Pregnancy. https://www.unitypoint.org/livewell/article.aspx?id=49904dd7-4251-4650-a311-9c2f79ab4c1f. (Diakses pada 19 Oktober 2019)
  3. Chamberlain, Claire. 2019. How to keep your cool during pregnancy. https://www.netdoctor.co.uk/parenting/pregnancy-birth/a9201/pregnancy-and-overheating/. (Diakses pada 19 Oktober 2019)
  4. Delisle, Raina. 2017. How to cope with hot flashes during pregnancy. https://www.todaysparent.com/pregnancy/being-pregnant/pregnancy-hot-flashes/. (Diakses pada 19 Oktober 2019)