Terbit: 10 September 2018 | Diperbarui: 31 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meski sudah berkali-kali diingatkan oleh pakar kesehatan, dalam realitanya masih banyak orang yang membawa ponsel saat buang air besar. Biasanya, hal ini dilakukan karena tidak ingin merasa bosan saat berada di dalam toilet. Sayangnya, meski terlihat sebagai sebuah kebiasaan yang wajar dilakukan oleh siapa saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita akan lebih rentan terkena diare akibat hal ini.

BAB Bawa Ponsel, Siap-Siap Terkena Diare

Dilansir dari National Geographic, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Peer J dari Oregon University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa 82 persen bakteri yang bisa ditemukan di ponsel juga ditemukan di jari kita. Bakteri-bakteri ini termasuk streptococcus, staphylococcus, dan corynebacterium yang berbahaya karena bisa memicu gangguan pencernaan dan menyebabkan diare.

Dalam penelitian lain yang dilakukan di Arizona University, Amerika Serikat, disebutkan bahwa kebiasaan membawa ponsel saat buang air besar bisa membuat jumlah bakteri di dalam ponsel naik drastis hingga jumlahnya 10 kali lipat jika dibandingkan dengan yang ada di dudukan toilet. Bakteri-bakteri ini kemudian menempel pada tangan kita tatkala kita memainkan ponsel.

Kita cenderung tidak mencuci tangan setelah bermain ponsel. Bahkan, terkadang kita bisa dengan santai makan sambil memainkan ponsel kita. Hal ini membuat bakteri yang menempel pada ponsel ikut masuk ke dalam tubuh kita dan akhirnya menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sakit perut atau diare.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi membawa ponsel ke toilet demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi