Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Keguguran merupakan hal yang paling tidak diinginkan dalam setiap pasangan. Penyebab keguguran ada bermacam-macam, mulai dari kelainan kromosom, kelainan darah, penyakit kronis, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Keguguran sering kali dikaitkan dengan kondisi ibu. Namun sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan ayah untuk membantu mencegah keguguran. Apa saja?

Ayah Dapat Mencegah Keguguran Lewat 4 Hal Ini

Yang bisa dilakukan Ayah untuk mencegah keguguran

Ayah memiliki peran yang tidak sedikit dalam hal menyambut kelahiran si kecil. Bahkan ayah juga dapat membantu mencegah keguguran dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Membantu meringankan pekerjaan rumah
Keguguran juga dapat dipicu dari kelelahan. Ibu yang mengalami kelelahan akibat melakukan sendiri perkerjaan rumah dapat memicu stres yang berakibat pada keguguran. Apabila memungkinkan, ayah dapat membantu meringankan pekerjaan rumah yang biasa dikerjakan oleh ibu.

2. Hindari kafein dan rokok berlebihan
Jika selama ini ibu adalah pecandu kafein dan perikok, maka sebaiknya ayah mau mengingatkan ibu agar mengurangi rokok dan alkohol selama hamil. Kafein dan nikotin dapat berbahaya bagi kesehatan janin. Selain itu juga ayah sebaiknya tidak merokok di dekat ibu.

3. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi bumil

Ayah dapat membantu mencegah keguguran dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi oleh bumil. Caranya, pastikan bumil selalu mendapat makanan dan camilan yang sehat selama masa kehamilan. Hindari makananan mentah atau setengah matang bagi bumil yang dapat berisiko menyebabkan infeksi.

4. Menjaga kondisi ibu
Ayah bisa membantu ibu untuk memberinya waktu istirahat yang cukup atau mengajak istri refreshing dan liburan. Refreshing bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti mengajak ke tempat wisata atau sekedar melakukan home spa di rumah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Nah ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan ayah untuk membantu ibu menjaga kesehatan selama kehamilan, sudahkah Anda mencoba tips di atas?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi