Terbit: 7 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sindrom baby blues kerap dialami oleh para ibu setelah melahirkan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa hampir 50-75% wanita di dunia mengalami gejala ini. Beberapa gejala yang umum di antaranya ibu merasa mudah sedih dan menangis tanpa alasan yang jelas, kelelahan, sulit tidur dan tidak nafsu makan. Di saat-saat seperti ini, bantuan dari sang suami sangat diperlukan.

Ayah, Bantu Ibu Mengatasi Baby Blues Dengan Cara Ini

Bantu merawat bayi
Kesibukan sebagai ibu baru seperti menyusui tengah malam, memandikan, dan mengganti popok kadang menguras tenaga bagi ibu. Jika melihat istri Anda tampak kewalahan, segera bantu istri Anda untuk merawat buah hati Anda. Sekecil apapun bantuan Anda, pasti akan meringankan beban istri dan membuatnya senang.

Cari tahu yang dibutuhkan istri
Kadang istri Anda kesulitan atau enggan mengungkapkan apa yang benar-benar dibutuhkan untuk membuatnya merasa lebih baik. Coba untuk lebih peka pada perubahan sikap sang istri. Misalnya saat istri merasa tidak nafsu makan, coba belikan makanan kesukaannya. Atau saat tengah malam bayi Anda terbangun dan istri Anda tampak kelelahan dan tertidur pulas, bantu menyusui di kecil lewat ASI perah. Hal ini selain menguatkan ikatan antara suami, istri dan anak, juga dapat memberi istri energi yang cukup untuk beraktivitas keesokan harinya.

Dengarkan keluhannya dan beri semangat
Jika istri Anda mau mengungkapkan apa yang ia rasakan, maka hal ini akan lebih mudah bagi Anda. Dengarkan setiap keluhannya dan jika ia mengungkapkannya dengan emosi atau marah, maka tenangkan ia. Yakinkan ia bahwa Anda berdua akan mampu melewati masa-masa ini dengan baik.

Beri waktu bagi istri untuk relaksasi
Tawarkan istri Anda untuk melakukan hal-hal yang akan membuatnya rileks seperti pijat, spa, atau melakukan perawatan diri ke salon. Hal ini akan membantu perasaannya menjadi lebih baik dan bahagia. Sementara istri Anda me time, Anda bisa bermain bersama si kecil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Menghadapi baby blues memang tidak mudah dan kondisi masing-masing keluarga berbeda-beda. Namun salah satu kunci utama untuk menghadapinya adalah dengan selalu menciptakan suasana positif di lingkungan keluarga. Jika berbagai cara sudah dilakukan namun sindrom baby blues ini masih muncul dan terlihat lebih parah, maka segera konsultasikan hal ini ke dokter atau ahli kejiwaan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi