Terbit: 13 April 2018 | Diperbarui: 23 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Manusia, terutama wanita, selalu peduli dengan penampilannya. Tidak heran jika kemudian kita melakukan segala cara untuk tetap mempertahankan keindahan tubuh. Meski demikian, tak jarang berbagai masalah muncul sehingga mengganggu kepercayaan diri.

Awas, Rambut Kusam Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Namun tahukah Anda bahwa masalah yang muncul dalam tubuh kadang bisa menjadi penanda adanya masalah dalam tubuh? Bahkan bagian tubuh seperti rambutpun punya bahasa sendiri untuk menunjukkan bahwa pemiliknya sedang mengalami gangguan kesehatan.

Salah satu masalah yang kerap terlihat adalah rambut yang terlihat kusam. Bukan melulu karena kesalahan produk, kadang rambut kusam bisa menjadi penanda bahwa Anda sedang kekurangan zat besi. Selain itu, dehidrasi juga menjadi penyebab lain munculnya rambut kusam.

Hal ini diungkapkan oleh dermatologis Rosemarie Ingleton, MD. Sebagaimana dilansir dari Total Beauty, rambut ternyata cukup sensitif terhadap gejalan kekurangan zat besi dan air. Tak hanya berimbas pada kulit, kekurangan air juga akan membuat rambut terlihat rusak.

Cara mengatasinya jelas sangat mudah. Agar rambut kembali terlihat indah dan cantik, coba penuhi kebutuhan gizi yang diperlukan. Zat besi bisa diperoleh dari makanan seperti bayam dan kacang hitam. Sedangkan kebutuhan cairan bisa dipenuhi dengan meminum air sebanyak mungkin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Meski demikian, gejala rambut kusam biasanya memang baru terlihat jika Anda mengalami kekurangan dalam jangka waktu lama. Karenanya, jika memang tidak terbiasa dengan kedua bahan makanan di atas, ada baiknya mulai sekarang Anda membiasan pola hidup sehat.

Selain memakan sayuran dan makanan yang kaya akan zat besi, jangan lupa minum air setidaknya delapan gelas sehari. Awalnya hal ini mungkin sulit untuk mereka yang tidak terbiasa. Namun lambat laun Anda akan menikmatinya. Selamat menjalani hidup sehat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi