Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComРMerawat bibir adalah kegiatan yang susah-susah gampang. Terutama jika Anda mudah sekali alergi terhadap beberapa kandungan kimia. Termasuk, kandungan kimia yang ada pada lip balm. Jika Anda mengalami alergi terhadap kandungan lip balm, bibir Anda bisa jadi kering dan rusak.

Awas! Kandungan Lip Balm ini Bisa Membuat Bibir Kering

Faktanya, dilansir dari beautyeditor.ca, banyak produk kecantikan, khususnya bibir, mengandung zat yang dapat membuat bibir iritasi, yang pada akhirnya dapat menimbulkan masalah lain seperti bibir kering, bibir mengelupas, dan pecah-pecah. Jika Anda termasuk yang mudah alergi, kandungan-kandungan pada lip balm di bawah ini, sebaiknya dihindari.

1. Vitamin E

Sebagian besar produk lip balm, mengandung vitamin e. Kandungan ini, membuat bibir Anda terlihat lebih lembap karena berminyak dan lengket. Sayangnya, tidak semua orang baik-baik saja dengan vitamin E. The Contact Dermatitis Institute dalam beautyeditor.ca menyebutkan setidaknya ada 33% pasien dermatitis yang bermasalah dengan penggunaan vitamin E. Institut tersebut juga menyebutkan bahwa vitamin e merupakan alergen yang paling umum.

2. Minyak Jarak

Minyak jarak atau Castor oil mengandung asalm ricinoleic yang bersifat allergen. Jika ada 33% pasien alergi terhadap vitamin e, maka pasien yang alergi terhadap castor oil mencapai 45%. Fakta ini tentu tidak berlaku bagi Anda yang tidak memiliki alergi ya.

3. Lanolin

Lanolin merupakan zat berlilin yang disekresikan oleh kelenjar minyak domba. Kandungan lanolin menjadi kandungan yang cukup banyak ada dalam lip balm karena sifatnya yang dapat mencegah bibir kehilangan kelembapannya, atau kadar air. Bagi Anda yang tidak alergi, kandungan ini memberikan manfaat yang sangat baik. Namun tidak bagi yang alergi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Parfum dan Zat Perasa

Kandungan lip balm lain yang bisa berbahaya bagi Anda yang alergi adalah kandungan parfum dan zat perasa. The Contact Dermatitis Institute menyebutkan zat pewangi dan perasa yang bisa menimbulkan masalah bagi mereka yang alergi antara lain geraniol, citronellol dan cinnamaldehyde.

Beberapa kandungan lip balm tersebut, hanya berbahaya untuk Anda yang alergi. Jika dalam penggunaan lip balm Anda mendapat gangguan kesehatan, segera hentikan pemakaian.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi