Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang Anda pikirikan saat mendengat kata oatmeal? Tentu bayangan sebagai makanan yang sehat ya. Membayangkan oatmeal tentu kita akan teringat dengan toppingnya yang bisa bermacam-macam. Namun ternyata, ada lho beberapa topping oatmeal yang justru kurang sehat.

Awas, Jangan Tambahkan Ini Untuk Topping Oatmeal

Sudah bukan rahasia umum lagi jika oatmeal memang makanan yang terbukti sehat karena merupakan sumber karbohidrat yang kaya serat. Agar manfaatnya semakin lengkap, maka topping yang ditambahkan di atas oatmeal adalah makanan yang mampu melengkapi gizi pada oatmeal.

Pemilihan topping yang tidak tepat bisa jadi membuat asupan pada satu zat gizi menjadi berlebihan dan akhirnya asupan gizi dari konsumsi oatmeal jadi tidak seimbang.

Untuk itu, hindari menambahkan bahan makanan dibawah ini saat kita mengonsumsi oatmeal:

1. Olahan cokelat

Selai cokelat, cokelat cair atau mungkin meses memang memiliki rasa yang cocok dengan oatmeal. Namun sayangnya hal ini akan menyebabkan asupan gula dari karbohidrat sederhana jadi berlebihan. Oatmeal yang kita konsumsi jadi hanya memiliki kandungan karbohidrat saja. Untuk itu hindari memilih cokelat sebagai topping oatmeal, ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

2. Gula cokelat

Kerap dianggap lebih sehat, namun ternyata gula cokelat kandungan gizinya tidak banyak berbeda dengan gula biasa. Gula cokelat memang memiliki citarasa yang khas, namun penambahannya pada oatmeal sama dengan menambahkan karbohidrat dengan karbohidrat ya. Sehingga penambahan gula cokelat pada oatmeal juga sebaiknya dihindari.

3. Gula buatan

Wendy Basiliain, seorang dietitian menyebutkan bahwa ada cukup banyak orang yang menambahkan gula buatan sebagai topping oatmealnya. Hal ini tentu tidak dianjurkan dengan alasan yang mirip dengan dua bahan di atas.

Agar asupan gizi pada oatmeal tambahkan bahan makanan lain yang gizinya tidak ada pada oatmeal.

Pilih kacang-kacangan yang tinggi protein serta buah segar yang tinggi vitamin agar gizi dari oatmeal yang Anda konsumsi semakin lengkap, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi