Awas, Jangan Merasa Aman Hanya Dengan IMT Normal

doktersehat-perut-diet-buncit-belly-jamu-galian-singset

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa Indeks Massa Tubuh (IMT) menunjukkan bagaimana kondisi fisik kita, misalnya kurus, normal atau gemuk. Umumnya kita merasa “aman” jika sudah mengetahui bahwa IMT tubuh normal. Namun, ada hal lain yang bisa berbahaya meskipun IMT kita normal.

Ada suatu kondisi dimana orang dengan IMT normal memiliki risiko kesehatan yang sama berbahayanya dengan orang yang obesitas, hal ini dipengaruhi oleh besarnya persentase lemak dalam tubuh kita.

Kondisi tersebut disebut normal weight obesity (NWO), seperti namanya, berat badan kita memang nampak normal akan tetapi lemak tubuh kita sama saja degan orang yang obesitas. Hal ini kerap tidak disadari karena kita umumnya cenderung merasa aman jika IMT sudah normal.

Mayo CLinic menyebutkan bahwa orang yang mengalami NWO hanya secara fisik saja nampak normal, namun karena kadar lemak tubuhnya yang tinggi, orang dengan NWO berisiko mengalami :

Untuk itu, kini semakin banyak asosisasi kesehatan dunia yang menganjurkan untuk kita tidak hanya mengecek berat badan atau IMT saja, namun juga persentase lemak tubuh.

Saat mengukur IMT dan persentase lemk tubuh, menurut penelitian, orang dengan NWO akan memiliki:

  • IMT normal namun persentase lemak tubuh >30%, untuk perempuan, dan

  • IMT normal namun persentase lemak tubuh >25%, untuk laki-laki

NWO kadang tidak terdeteksi, maka dari itu kini penting bagi kita untuk melakukan pengecekan tidak hanya IMT namun juga dengan persentase lemak tubuh. Sehingga kita dapat mengusahakan agar kondisi kesehatan tubuh kita tidak hanya normal secara fisik namun juga secara persentase lemak tubuh.

Jadi, sudahkah Anda mengetahui berapa persentase lemak tubuh Anda?