Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Haid atau menstruasi adalah siklus bulanan wanita yang ditandai dengan keluarnya darah dari rahim. Reaksi alamiah ini akan dialami oleh setiap wanita jika sudah memasuki masa puber. Ketika sedang mendapati haid, biasanya wanita akan mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan munculnya gejala PMS seperti nyeri, lelah, mood tidak terkontrol, dan sebagainya.

Awas, Jangan Lakukan 3 Pose Yoga ini Ketika Haid!

Saat sedang haid, wanita memang tidak diperkenankan melakukan aktivitas berat, misalnya olahraga ataupun bekerja secara berlebihan karena akan mengganggu hormon di dalam tubuh. Olahraga yang diperbolehkan hanya jenis olahraga yang tergolong ringan, seperti lari, senam, atau yoga.

Sampai saat ini, banyak wanita yang memilih yoga karena terbilang lebih mudah dan fleksibel. Olahraga yoga sendiri terdiri dari beberapa gerakan rumit yang tidak boleh dilakukan ketika sedang haid. Jika dipaksakan, akibatnya akan fatal.

Apa saja gerakan yoga yang berbahaya saat haid? Berikut di antaranya:

1. Handstand

Pose yoga ini dilakukan dengan cara berdiri terbalik (kaki di atas, kepala di bawah) dengan tangan sebagai penyangganya. Jangan pernah melakukan gerakan handstand ketika Anda sedang haid sebab gerakan ini memerlukan banyak tenaga. Ada beberapa kasus terjadi. Wanita bisa mengalami pingsan dan kondisi tubuhnya melemah ketika melakukan gerakan ini saat haid.

2. Shoulderstand

Gaya ini memang sangat mudah dilakukan dan cukup nyaman. Shoulderstand sendiri dikatakan sebagai favorit dari kebanyakan wanita. Gerakannya, Anda hanya perlu mengangkat kaki ke atas dengan menekuk perut. Saat Anda haid, jangan pernah mencoba gaya ini sebab akan mengganggu proses keluarnya darah dari rahim.

3. Plow

Pose yang satu ini hampir sama dengan shoulderstand hanya saja kaki Anda harus ditarik ke bawah hingga berada di belakang kepala. Gerakan ini diklaim dapat membantu dalam membentuk perut dan membakar lemak pada sekitar panggul. Jika Anda melakukan gerakan yoga ini saat haid malah akan memberikan rasa nyeri berlebih pada perut.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi