Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menstruasi atau haid merupakan siklus bulanan wanita yang ditandai dengan keluarnya darah dari rahim. Setiap wanita pasti mengalami siklus ini. Normalnya, darah tersebut akan keluar selama 3-9 hari. Namun, di kasus lain kadang lebih cepat bahkan lebih lama dari waktu normal. Tentunya hal tersebut dikarenakan hormon dan sel-sel di dalam tubuh wanita sedang kacau alias tidak stabil.

Awas, Jangan Lakukan 3 Hal ini Saat Sedang Menstruasi

Tidak sedikit pula wanita yang kerap melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan saat sedang menstruasi. Sebab, ada beberapa hal yang sangat dilarang saat wanita sedang haid karena bisa memengaruhi masa haid serta memberikan efek kurang nyaman pada tubuh. Apa saja hal yang dilarang saat menstruasi? Berikut informasinya!

  • Terlalu Banyak Ngemil

Saat sedang haid, hormon wanita memang tidak stabil dan hal tersebut kadang membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Nah, karena takut menjadi gemuk, akhirnya banyak wanita yang mengatasinya dengan ngemil. Padahal, lebih baik Anda mengonsumsi makanan pokok, seperti nasi, ikan, buah, atau sayur, daripada harus ngemil jajanan, terlebih ngemil junkfood.

  • Jangan Bermalas-Malasan

Hal ini adalah kebiasaan dari sebagian wanita saat sedang menstruasi. Ya, banyak wanita yang memilih tidur serta bermalas-malasan di rumah dengan alasan perut nyeri. Padahal, dengan tidak menggerakkan tubuh, nyeri haid tersebut akan semakin kuat menyerang tubuh Anda. Oleh karenanya, sangat disarankan bagi Anda yang sedang haid untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa melatih tubuh Anda, khususnya bagian perut.

  • Jangan Begadang

Hal ini penting dan jangan disepelekan. Setiap orang sangat tidak dianjurkan untuk begadang, terlebih bagi Anda yang sedang diet. Begadang akan membuat hormon serta sel di dalam tubuh Anda tidak dapat bereproduksi dengan baik. Selain itu, tubuh Anda tidak akan bisa mendetoks secara maksimal. Maka dari itu, hindarilah begadang saat sedang haid.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi