Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Makanan apa yang biasanya Anda letakkan di pintu kulkas? Meletakkan makanan di pintu kulkas memang sangat praktis karena makanan tersebut dapat langsung terlihat saat kita membuka kulkas ya. Namun ternyata, tidak banyak lo makanan yang boleh disimpan di pintu kulkas.

Awas, Jangan Asal Meletakkan Makanan Di Pintu Kulkas

Pintu kulkas lazim dilengkapi rak yang akan memudahkan kita menyimpan bahan makanan. Hal ini memang memudahkan kita dalam menata makanan, namun ternyata jika makanan yang diletakkan di pintu kulkas tidak tepat, maka kualitas makanan tersebut bisa terpengaruh.

Mengapa makanan tertentu tidak boleh diletakkan di pintu kulkas?

Hal ini disebabkan pintu kulkas adalah tempat yang paling tidak stabil suhunya, utamanya jika pintu kulkas sering dibuka tutup.

Maka dari itu US Departement of Agticulture tidak menganjurkan menyimpan bahan makanan yang mudah rusak di pintu kulkas. Misalnya keju, susu dan produk susu, telur, daging, unggas, ikan, salad matang dan olahan kue matang.

Jika makanan tersebut diletakkan di kulkas maka suhu yang tidak stabil akan mengurangi kualitas makanan hingga dapat menyebabkan risiko kontaminasi bakteri.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Usahakan simpan bahan makanan mudah rusak di rak bagian dalam kulkas.

Perlu diingat bahwa telur, yang umumnya kita simpan di pintu kulkas, sebaiknya disimpan di dalam kulkas ya, telur dapat diletakkan di dalam karton telur.

Lalu, apa yang boleh di letakkan di pintu kulkas?

Makanan yang disimpan di pintu kulkas sebaiknya makanan yang tidak mudah rusak dan tidak memerlukan penyimpanan di suhu tertentu.

Beberapa bahan makanan yang aman jika kita simpan di pintu kulkas adalah air putih dan jajan kering dalam kemasan, yang aman disimpan di suhu ruang, misalnya snack bar.

Beberapa makanan dan minuman kemasan umum kita simpan pada pintu kulkas, misalnya jus buah atau saus botol kemasan.

Hal ini boleh dilakukan, asal pastikan pintu kulkas tidak terlalu sering dibuka tutup dan bahan makanan tersebut sebaiknya segera dihabiskan ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi