Gatal-gatal adalah sebuah hal yang wajar terjadi pada kulit seseorang. Umumnya, rasa gatal tersebut bisa disebabkan oleh bakteri maupun infeksi jamur yang bersarang. Sampai saat ini, penyakit gatal memang dikatakan sebagai sebuah gangguan yang cukup menyebalkan. Pasalnya, selain gatal yang tak tertahankan, kadang pula disertai rasa nyeri serta sensasi panas layaknya terbakar.



Ada beberapa bagian tubuh yang kerap mengalami gatal, khususnya bagian lipatan kulit, seperti ketiak, perut, lipatan payudara, paha, hingga selangkangan. Namun, yang paling sering muncul gatal adalah bagian selangkangan. Ketika selangkangan sedang gatal, biasanya kebanyakan orang menggunakan bedak tabur untuk mengobatinya. Anda pun begitu bukan?

Memang tak ada salahnya menggunakan bedak tabur pada selangkangan yang gatal. Tapi, pada beberapa kasus terjadi, orang yang menggunakan bedak tabur untuk mengobati gatal justru tidak sembuh dan bahkan gatalnya malah makin menjadi-jadi. Mengapa bisa demikian? Apakah bedak tabur tidak aman digunakan?

Perlu diketahui, tidak semua bedak tabur sama yang maksudnya setiap bedak tabur memiliki jenis dan fungsi berbeda. Ada bedak tabur anti jamur, ada pula bedak tabur anti alergi. Nah, ketika Anda salah menggunakannya, justru akan memperparah rasa gatal itu. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa penyebab gatal itu muncul.

Jika dirasa karena alergi suhu atau makanan, ada baiknya Anda menggunakan bedak tabur anti alergi. Begitu juga sebaliknya, jika gatal tersebut dikarenakan infeksi jamur, maka Anda harus menggunakan bedak tabur anti jamur.

Namun, gatal-gatal yang terjadi pada lipatan tubuh biasanya dikarenakan oleh jamur, bukan alergi. Sebab, keadaan serta kondisi yang lembab bisa membuat jamur berkembang biak dan menimbulkan reaksi gatal tersebut. Ciri-cirinya jika Anda terkena jamur adalah warna area yang gatal akan lebih mencolok, seperti merah bahkan kehitaman. Selain menggunakan bedak tabur anti jamur, ada baiknya pula jika Anda menggunakan salep atau obat resep dari dokter agar penangannya lebih tepat dan baik.