Awas, Inilah 4 Bahaya Menggunakan Celana Jeans Terlalu Ketat Bagi Wanita

bahaya-jeans-untuk-wanita-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Baik wanita maupun pria akan selalu memperhatikan penampilan agar terlihat lebih menarik. Salah satu penampilan yang sangat perhatikan adalah gaya berbusana. Ada banyak model busana yang bisa mereka pilih untuk menunjang penampilan seiring berkembangnya dunia fashion. Model pakaian yang menjadi favorit saat ini adalah ‘celana jeans’.

Photo Credit : pexels.com

Celana jeans adalah salah satu jenis celana yang terbuat dari bahan yang keras dan kuat yang disebut dengan denim. Jenis celana ini populer sejak tahun 1950-an. Celana jeans merupakan jenis pakaian yang tidak akan pernah habis dimakan oleh jaman, karena celana ini menjadi celana paling favorit dengan model yang sangat sederhana dan bisa dipakai di segala acara seperti kencan atau hanya sekedar kumpul bersama kawan-kawan.

Celana jeans memang sangat nyaman digunakan. Ukurannya yang lebih ketat dari celana kain lainnya membuat Anda merasa leluasa dan nyaman untuk bergerak. Selain itu, jenis celana ini juga tidak mudah kotor jadi bisa digunakan hingga beberapa kali. Namun, tahukah Anda bahwa ada dampak negatif yang akan mengintai kesehatan jika terlalu sering menggunakan celan jeans, terutama untuk wanita?

1. Menyebabkan Iritasi

Saat Anda mengenakan pakaian, maka pakaian tersebut akan langsung menyentuh kulit Anda. Sama halnya dengan celana jeans. Celana jeans dengan bahan yang berkualitas buruk, bahkan terlalu ketat tentu bisa menyebabkan iritasi kulit. Iritasi kulit ini nanti juga akan mengundang kuman atau bakteri sehingga menyebabkan terjadinya penyakit kulit lainnya.

2. Menyebabkan Kemandulan

Celana jeans ketat juga bisa menyebabkan kemandulan hingga menimbulkan berbagai gangguan pada organ reproduksi wanita. Hal ini disebabkan karena jamur yang ada pada area vagina mempengaruhi produksi sel telur yang dapat menyebabkan kemandulan. Oleh sebab itu, lebih baik jika wanita mengenakan rok saja.

3. Mengurangi Kesuburan

Dampak negatif mengenakan celana jeans ketat terlalu sering berikutnya adalah dapat mengurangi kesuburan atau dikenal dengan istilah endoometriosis. Hal ini terjadi karena penggunaan celana jeans ketat terlalu serig akan mengakibatkan endometrium (selaput lendir dalam rahim) menjauhi rongga rahim lalu masuk ke indung telur, sehingga dapat memicu terganggunya kesehatan reproduksi.

4. Terjangkit Penyakit Kandidiasis Vulvovaginal

Ketika Anda merasa kulit seperti terbakar dan Anda juga merasakan gatal pada vagina, itu tandanya Anda sedang mengalami gejalan penyakit Kandidiasis. Kandidiasis merupakan satu penyakit akibat infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida. Akibat dari infeksi ini adalah rasa sakit yang Anda alami saat buang air kecil. Jika Anda terus mengalami hal ini maka Anda vagina Anda akan bengkak dan mengeluarkan bercak merah, sehingga dapat merusak tubuh dan saraf.