Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti memiliki barang pribadi yang sederhana namun sangat bermanfaat. Tak jarang, barang pribadi tersebut juga dijadikan barang yang bisa beralih dari tangan satu ke tangan lain alias pinjam meminjam. Sebenarnya tidak ada yang salah jika Anda saling meminjamkan sebuah barang dengan orang lain. Akan tetapi, tahukah Anda jika tidak semua barang dapat berbagi dengan orang lain?

Awas, Hentikan Kebiasaan Berbagi 3 Barang Pribadi ini dengan Orang Lain!

Ada beberapa jenis barang yang tidak bisa Anda bagi atau saling pinjam dengan orang lain karena ternyata dapat membahayakan kesehatan Anda. Hal dikarenakan kebiasaan berbagi tersebut dapat menyebabkan transfer kuman dan mengganggu kebersihan Anda. Jika orang lain menggunakan barang pribadi Anda, maka kuman dapat bertambah dan merugikan kesehatan Anda.

Lantas, apa saja barang pribadi yang tidak dapat berbagi dengan orang lain? Berikut adalah 3 barang pribadi yang hanya boleh digunakan oleh Anda saja.

1. Pisau Cukur

Pisau cukur biasa Anda gunakan untuk mencukup bulu pada daerah tertentu dan tentu saja sangat pribadi. Jika Anda berbagi pisau cukur dengan orang lain, maka dapat memicu penyebaran penyakit, salah satunya adalah hepatitis. Hal ini terjadi karena setiap Anda mencukur bulu, akan ada torehan luka sedikit pada kulit Anda yang tanpa disadari mengeluarkan sedikit darah. Di samping itu, penggunaan pisau cukur secara berulang-ulang dapat menyebarkan virus dan bakteri.

2. Sabun Batangan

Selain pisau cukur, sabun batangan juga merupakan barang pribadi yang tidak boleh Anda bagi dengan orang lain. Karena dengan berbagi sabun batangan, maka infeksi kulit akan terjadi karena kuman berpindah melalui sabun tersebut. salah satu contohnya adalah jika orang lain yang memakai sabun batangan Anda memiliki masalah kulit seperti panu, maka panu tersebut akan berpindah ke kulit Anda ketika Anda menggunakan sabun yang telah dipinjam tadi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Deodoran

Barang pribadi terakhir yang tida boleh Anda berbagi dengan orang lain adalah deodoran. Anda menggunakan deodoran untuk menghilangkan bau pada ketiak. Namun, jika Anda berbagi dengan orang lain, kuman dan bakteri akan menular melalui deodoran tersebut sehingga menjadikan ketiak Anda bau dan disertai gatal-gatal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi