Terbit: 15 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di musim hujan seperti sekarang ini, gorengan biasanya dicari-cari oleh banyak orang. Sensasi hangat dan renyah yang bisa didapatkan saat makan gorengan memang sangat cocok untuk mengatasi suhu udara yang cenderung dingin. Masalahnya adalah sudah menjadi rahasia umum jika gorengan termasuk dalam makanan yang paling tidak sehat. Selain bisa meningkatkan berat badan, pakar kesehatan menyebut kebiasaan makan gorengan bisa membuat kita lebih mudah terkena flu, lho. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Awas, Gorengan Bisa Sebabkan Flu

Kaitan antara gorengan dengan risiko flu

Sebuah penelitian yang diunggah oleh Eurekalert menghasilkan fakta bahwa kebiasaan mengonsumsi gorengan atau makanan yang diproses bisa membuat kita lebih rentan terkena flu. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan tertiary butylhydroquinone atau TBHQ, sejenis zat aditif yang ternyata bisa memicu datangnya gejala flu. Jika kita sudah terkena flu, kandungan ini bahkan akan membuat kinerja obat flu menurun drastis sehingga membuat kita sulit untuk sembuh.

Pakar kesehatan Rebort Freeborn yang berasal dari Michigan State University, Amerika Serikat menyebut kandungan TBHQ mampu membuat beberapa jenis protein di dalam tubuh meningkat jumlahnya. Masalahnya adalah protein ini bisa menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dengan drastis.

“TBHQ mampu menekan fungsi dari sel T helper serta killer. Padahal, Sel T memiliki peran besar bagi respons sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah flu,” jelas Freeborn.

Makanan yang bisa mencegah flu

Alih-alih makan gorengan, pakar kesehatan menyarankan kita memperbanyak asupan makanan sehat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit atau terkena flu saat musim hujan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Berikut adalah beberapa makanan tersebut.

  1. Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kubis bisa menyediakan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat. Hal ini akan membantu mencegah datangnya flu dengan efektif.

  1. Yoghurt

Salah satu produk turunan susu ini memiliki kandungan bakteri baik bernama lactobacillus reuteri. Selain menyehatkan pencernaan, bakteri ini akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat sekaligus mencegah flu dengan lebih baik.

  1. Teh hitam

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University menghasilkan fakta bahwa kebiasaan minum hitam hingga lima cangkir dalam sehari selama dua minggu berturut-turut membuat sel T pada sistem kekebalan tubuh semakin meningkat. Hal ini membuat risiko terkena flu menurun dengan signifikan.

  1. Bawang putih

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Advances in Therapy pada 2001 menghasilkan fakta bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi suplemen bawang putih selama 12 minggu mengalami penurunan risiko terkena flu dengan signifikan. Para partisipan yang sudah terkena flu juga cenderung lebih cepat sembuh setelah mengonsumsi bawang putih. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan bawang putih yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Cokelat hitam

Siapa bilang makanan sehat tidak enak. Dalam realitanya, cokelat hitam yang tinggi kandungan kakao dan polifenol bisa memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Rutin makan cokelat hitam pun akan membuat kita mencegah datangnya flu dengan efektif.

  1. Daging ikan

Daging ikan salmon, tuna, atau ikan makarel yang kaya akan asam lemak omega 3 bisa membantu mencegah datangnya peradangan. Hal ini akan berperan besar dalam pencegahan berbagai macam penyakit, termasuk flu.

  1. Beberapa jenis buah sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, atau bahkan jeruk nipis tinggi kandungan vitamin C yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Rutin mengonsumsinya bisa mencegah datangnya flu dengan efektif.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi