Jangan Campur Avokad dengan Susu Kental Manis

doktersehat-minyak-avokad-untuk-perawatan-rambut
Photo Credit: Pexels.com/Foodie Factor

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang memiliki kandungan menyehatkan paling tinggi adalah avokad. Rasanya yang enak dan mengenyangkan membuat buah ini digemari oleh banyak orang. Sayangnya, kita seringkali mengonsumsinya dengan cara yang salah, yakni dengan menambahkan susu kental manis demi membuatnya memiliki rasa yang jauh lebih nikmat.

Pakar kesehatan menyebut kandungan di dalam avokad bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah sekaligus menurunkan risiko terkena gangguan psikologis seperti depresi. Sayangnya, dengan menambahkan susu kental manis, manfaat sehat dari avokad akan menurun dengan signifikan.

Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar gula yang ada di dalam susu kental manis. Padahal, kita seringkali menambahkan susu kental manis ini dengan jumlah yang cukup banyak. Dengan mengonsumsinya, maka kita pun akan mengalami kenaikan kadar gula darah yang bisa saja menyebabkan berat badan naik atau memicu datangnya diabetes.

Banyak ibu hamil yang mengonsumsi avokad karena tertarik dengan manfaat kesehatannya bagi dirinya atau buah hati di dalam kandungan. Sayangnya, jika ia juga menambahkan susu kental manis pada buah ini, dikhawatirkan bayi akan mengalami obesitas dan akhirnya sulit untuk dilahirkan dengan prosedur yang normal.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mengonsumsinya secara langsung tanpa harus menambahkannya dengan bahan lainnya, baik itu cokelat atau bahkan susu kental manis. Jangan sembarangan membeli jus avokad di pinggir jalan karena seringkali jus ini juga telah ditambahkan susu kental manis tanpa kita sadari. Selain itu, agar tubuh menjadi semakin sehat, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang setiap hari.

Telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat sehat dari avokad jika dikonsumsi secara rutin, yakni menurunkan gejala depresi dan mengatasi masalah sindrom metabolik yang terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius seperti kadar gula darah yang tinggi, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan indeks massa tubuh yang tidak normal. Dengan rutin makan avokad tanpa tambahan bahan-bahan lainnya, maka kita pun akan menurunkan risiko terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular dengan signifikan.