Avokad Bisa Bersihkan Plak di Pembuluh Darah

Manfaat biji alpukat bagi kesehatan

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh manusia modern namun tidak begitu disadari adalah penumpukan plak di pembuluh darah. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh pola makan yang buruk, khususnya yang kaya akan kandungan lemak trans dan kolesterol, serta stres yang memang sering melanda setiap hari. Yang menjadi masalah adalah, kondisi ini tidak memberikan gejala yang jelas dan bisa saja tiba-tiba menyebabkan penyakit serius seperti penyakit jantung dan stroke.

Plak di dalam pembuluh darah akan menghambat kelancaran aliran darah. Dalam banyak kasus, hal ini memicu peningkatan tekanan darah, pengerasan pembuluh darah, hingga menyebabkan penyumbatan yang berimbas pada stroke atau serangan jantung. Berbagai masalah kesehatan ini berpotensi mematikan, bukan?

Dilansir dari laman Boldsky, demi menurunkan kadar plak di dalam pembuluh darah kita, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti semakin rajin berolahraga yang membantu menyehatkan sirkulasi darah dan mengonsumsi sayur dan buah, termasuk buah avokad yang dikenal nikmat.

Pakar kesehatan menyebut avokad sebagai salah satu buah paling sehat di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lemak tak jenuh atau lemak sehat di dalamnya. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka kita bisa membantu proses pembersihan plak lemak jahat di dalam tubuh.

Bahan makanan lain yang bisa membantu proses pembersihan plak di dalam pembuluh darah adalah kacang almond, ikan laut seperti salmon, tuna, dan tongkol, serta makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal. Kacang almond dan ikan laut kaya akan kandungan lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3. Sementara itu, oatmeal dikenal luas kaya akan serat yang mampu menghancurkan tumpukan plak yang ada di dalam pembuluh darah.