Ketahuilah, Minum Jus Juga Ada Aturannya!

DokterSehat.Com– Mengonsumsi buah-buahan memang sangat direkomendasikan agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi serta vitamin untuk menjaga kesehatan. Biasanya, kita akan mengonsumsi buah-buahan dengan berbagai cara, misalnya dimakan secara langsung, membuatnya menjadi salad, atau bahkan mengonsumsinya dalam bentuk cair, yakni jus.

Ya, jus buah memang pilihan yang paling digemari oleh kebanyakan orang. Sebab, selain menyehatkan, mengonsumsi jus juga bisa melepas dahaga, apalagi jus tersebut diberi tambahan es atau air dingin. Oleh karenanya, tak heran jika jus buah sering menjadi primadona bagi orang yang sedang melangsungkan program diet. Sebab, dalam satu gelas jus, seseorang akan mendapatkan rasa kenyang setara dengan makan nasi.

Namun, tahukah Anda bahwa minum jus ada aturannya dan tidak boleh sembarang. Sebab, jika kita mengonsumsi jus tidak teratur, bukannya kesehatan yang didapatkan, justru bisa merugikan kesehatan. Lantas, apa saja aturan tersebut? Berikut diantaranya.

1. Jus Asam Bukan untuk Sarapan

Minum jus di pagi hari adalah pilihan yang sering dilakuka oleh kebanyakan orang. Hal ini dilakukan sebagai pengganti menu sarapan. Sebenarnya, minum jus di pagi hari adalah hal yang baik, tapi jika pemilihan buahnya tepat. Sebab, di pagi hari ketika perut kosong sangat dilarang untuk mengonsumsi jus yang rasanya asam karena bisa membuat sakit perut.

2. Jus Tidak Bisa Disimpan

Ketika Anda membuat jus dalam jumlah banyak, tentunya Anda akan menyimpannya pada kulkas, bukan? Ya, hal itu dilakukan agar jus tetap segar dan bisa dikonsumsi lagi. Padahal, ada batasan menyimpan jus, maksimal adalah 24 jam. Sebab, ketika Anda menyimpan jus terlalu lama bisa membuat kandungan serta nutrisinya hilang sehingga tidak ada manfaatnya lagi.

3. Jus Bukanlah Pengganti Buah

Hal ini cukup penting dan perlu diingat. Jus bukanlah pengganti buah, jadi jika Anda memiliki anggapan bahwa mengonsumsi jus saja sudah cukup, maka anggapan itu adalah salah. Sebab, bagaimanapun juga jus adalah campuran beberapa bahan menjadi satu. Maka dari itu, jangan samakan antara jus dan buah.