Terbit: 30 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jus buah seringkali dianggap sebagai minuman yang menyehatkan tubuh. Hal ini disebabkan oleh bahan utamanya yang berupa buah segar yang tentu kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi-nutrisi lainnya. Selain itu, jus buah yang menyegarkan juga sangat cocok untuk diminum saat udara sedang cukup panas. Sayangnya, bagi penderita diabetes, mengonsumsi jus buah juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Begini Aturan Minum Jus Bagi Penderita Diabetes

Berbagai manfaat minum jus buah

Pakar kesehatan menyebut jus buah sangatlah direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Hanya saja, jus buah yang dimaksud adalah yang tidak diberi tambahan gula atau yang bukan berupa jus kemasan. Kebanyakan jus kemasan yang disediakan di pasar swalayan ternyata tidak memiliki nilai gizi sebaik jus buah asli dan bahkan tinggi kandungan gula. Selain itu, kita juga harus berhati-hati saat mengonsumsi jus buah yang dijual di pinggir jalan karena biasanya juga diberi tambahan gula agar rasanya menjadi lebih manis.

Jika kita mengonsumsi jus buah segar tanpa tambahan gula, kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan layaknya sistem kekebalan tubuh yang menjadi semakin kuat, membantu proses pengeluaran racun atau detoksifikasi, mencegah datangnya kanker, menyehatkan pencernaan, serta membantu program penurunan berat badan.

Hanya saja, proses pengolahan buah menjadi jus ternyata juga bisa memberikan kerugian tersendiri. Menurut pakar kesehatan, jika kita makan buah langsung, kita tetap akan mendapatkan kandungan seratnya dalam jumlah yang tinggi. Sayangnya, serat ini hancur saat buah dibuat menjadi jus sehingga kita tentu tidak akan mendapatkan nutrisi ini saat mengonsumsinya.

Tips minum jus bagi penderita diabetes

Meskipun jus buah yang dikonsumsi tidak memiliki tambahan gula, tetap saja penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh buah yang memiliki kandungan gula alami yang juga bisa memicu peningkatan kadar gula darah. Padahal, penderita diabetes harus pandai-pandai menjaga kadar gulanya agar tidak naik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan penderita diabetes saat minum jus

  1. Memilih jus sayuran

Sebenarnya, selain jus buah, kita juga bisa mengonsumsi jus sayuran. Memang, jus sayuran masih kurang populer dibandingkan dengan jus buah dan rasanya dianggap kurang enak. Hanya saja, banyak pakar kesehatan atau pakar diet yang menganggap jus sayuran sebagai salah satu solusi bagi mereka yang tidak begitu suka makan sayur. Jus sayur bisa diminum dengan cepat sehingga kita pun bisa mendapatkan nutrisi sayur dalam jumlah yang banyak meski tidak begitu menyukainya.

Berbeda dengan jus buah, jus sayuran cenderung tidak memiliki kalori atau gula yang tinggi sehingga dianggap jauh lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Memilih buah yang tepat

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes yang ingin minum jus buah untuk berkonsultasi pada dokter sehingga bisa menentukan buah yang aman untuk mereka konsumsi. Selain itu, pastikan bahwa buah yang akan dijadikan jus tinggi kandungan anti oksidan. Kandungan ini bisa membantu penderita diabetes melawan paparan radikal bebas sehingga bisa mencegah datangnya komplikasi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Nutrition pada 2010 lalu, disebutkan bahwa beberapa buah yang tinggi anti oksidan dan direkomendasikan bagi penderita diabetes adalah delima dan cranberry.

  1. Jangan tambahkan gula

Meskipun buah yang kita jadikan jus memiliki rasa masam, ada baiknya kita tidak menambahkan gula pada jus ini hanya demi membuatnya memiliki rasa lebih manis. Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes memang harus berhati-hati dalam mengonsumsi gula karena jika sampai konsumsinya berlebihan, maka kadar gula darah di dalam tubuh akan naik dengan drastis dan bisa memicu datangnya komplikasi.

Jika memang ingin menambahkan rasa manis pada jus buah, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes memakai pemanis buatan yang memang diperuntukkan bagi mereka. Pemanis ini biasanya rendah atau bahkan tidak memiliki kalori sehingga aman untuk dikonsumsi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi