Terbit: 20 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan wanita, pria cenderung tidak acuh dengan kebersihan tubuhnya. Pria hanya melakukan hal-hal bersifat basic pada tubuhnya agar bisa nyaman meski risiko terkena penyakit masih ada menyebabkan gangguan pada tubuhnya.

Aturan Membersihkan Tubuh untuk Kesehatan Pria

Agar tubuh menjadi bersih, sehat, dan penampilan tetap terjaga, coba lakukan beberapa hal ini dengan baik dan setiap hari.

1. Gunakan deodoran
Deodoran tidak hanya membuat Anda lebih segar dan keringat tidak menimbulkan bau. Lebih dari itu, menggunakan deodoran juga membuat tubuh jadi lebih kering, tidak ada bakteri yang tumbuh, dan bagian ketiak tidak alami iritasi kulit karena keringat berlebih.

2. Mencuci muka dua kali sehari
Merawat wajah tidak hanya monopoli dari wanita saja. Pria juga harus merawat wajahnya minimal dua kali dengan mencuci muka. Saat mencuci muka gunakan sabun yang lembut atau facial foam yang mengandung bahan penghilang kotoran dan  minyak.

3. Bersihkan sela-sela gigi
Gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi. Menyikat gigi saja tidak cukup membersihkan kotoran yang menyebabkan gigi berlubang atau muncul plak.

4. Mengganti celana dalam setiap hari
Minimal ganti celana dalam sehari sekali khususnya saat akan tidur atau berangkat kerja. Celana dalam yang terlalu lama digunakan akan menjadi sarang dari kuman sehingga bisa menyebabkan gatal dan gangguan lain pada penis dan selangkangan.

5. Jangan malas mandi
Jangan tidak mandi melebihi 12 jam. Saat Anda mandi pada pagi hari, mandi juga saat sampai rumah atau sebelum tidur.

6. Bersihkan kuku
Bersihkan kuku kaki dan tangan secara rutin kalau sudah mulai panjang. Kuku adalah tempat kotoran berkumpul dan akhirnya menyebabkan adanya infeksi atau penyebaran penyakit.

7. Bercukur setiap hari
Bercukurlah minimal 2-3 hari sekali agar wajah tetap terlihat bersih dan peluang bakteri menempel pada kulit jadi kecil. Bercukur juga menghindari munculnya penyakit kulit khususnya pada wajah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi