Atlet Asian Games 2018 Disarankan Makan Nanas

Porsi-nanas-ibu-hamil-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Kyle McDonald

DokterSehat.Com– Nanas adalah salah satu buah yang disukai oleh banyak orang karena memiliki harga yang murah, rasa yang manis, dan nutrisi yang tinggi. Yang tidak disangka adalah, banyak pakar kesehatan yang menyarankan nanas untuk dikonsumsi setiap hari, khususnya bagi para atlet yang berlaga di Asian Games 2018 ini. Apa alasan dari rekomendasi untuk mengonsumsi nanas ini?

Pakar kesehatan dari Boston, Amerika Serikat bernama Jules Hindman menyebutkan bahwa di dalam segelas nanas terdapat kandungan gula alami sebanyak 16 gram. Kandungan ini dianggap bisa menjadi sumber energi yang sangat bermanfaat bagi para atlet. Kandungan gula sederhana ini mampu menjaga cadangan glikogen di dalam tubuh atlet. Hal ini tentu akan membuat mereka tidak mudah lelah dan bisa bertanding dengan baik.

Tak hanya dikonsumsi sebelum olahraga, nanas juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah melakukannya. Dengan mengonsumsi kadar gula alami dari nanas, maka glikogen yang sempat dipakai oleh otot untuk bekerja keras saat bertanding bisa segera digantikan. Hal ini tentu akan membuat tubuh para atlet lebih cepat pulih dan akhirnya siap untuk menjalankan latihan atau pertandingan berikutnya.

Di dalam nanas terdapat enzim bromelain yang memiliki sifat anti peradangan dan membantu proses pemulihan cedera. Nanas juga kaya akan kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak akan mudah jatuh sakit di saat-saat yang penting seperti pertandingan final perebutan medali.

Nanas juga kaya akan mineral seperti mangan yang bisa membuat sistem metabolisme dan proses pembentukan kolagen terjaga. Hal inilah yang bisa membantu proses penyembuhan luka para atlet.

Akan jauh lebih baik bagi para atlet untuk mengonsumsi nanas segar, namun nanas yang dijadikan jus atau smoothie juga masih cocok untuk dikonsumsi.