Terbit: 18 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Proses vaksinasi tak hanya diperuntukkan bagi anak-anak di seluruh Indonesia melalui program imunisasi measles rubella atau MR, para atlet yang akan bertanding di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang juga harus divaksinasi. Apa tujuan dari vaksinasi bagi para olahragawan ini?

Seluruh Atlet Asian Games 2018 Wajib Divaksinasi

Sebagaimana kita ketahui, Asian Games adalah ajang dimana para atlet harus menjaga kondisinya tetap dalam kondisi bugar, sehat, dan prima sehingga mampu bertanding dengan baik. Vaksinasi bisa menjadi salah satu cara bagi para atlet untuk terjaga kondisi kesehatannya.

Para atlet internasional yang berlaga di Asian Games harus divaksinasi karena mereka juga bepergian ke banyak tempat, baik itu untuk mengikuti perlombaan, melakukan latihan, atau bahkan melakukan uji coba. Pergi ke tempat atau negara lain, berada di bandara internasional yang berisi banyak orang dari berbagai negara, hingga berada di dalam pesawat membuat para atlet lebih rentan terkena infeksi. Selain itu, bertemu atlet dari negara lain juga memungkinkan para atlet untuk tertular penyakit berbahaya.

Beberapa jenis vaksin yang harus didapatkan oleh para atlet adalah vaksin tetanus, vaksin hepatitis A dan B, vaksin difteri, vaksin pertussis, vaksin influenza, vaksin campak, serta vaksin varicella.

Meskipun vaksin tetanus dan difteri biasanya sudah didapatkan atlet saat masih anak-anak, atlet dewasa juga boleh mendapatkannya lagi. Dengan melakukannya, maka sistem imunitas dalam tubuhnya tetap aktif dan semakin kuat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Beberapa atlet yang sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin hepatitis B adalah atlet tinju dan sepakbola karena adanya kemungkinan mereka mengalami cedera atau luka terbuka karena seringnya terkena kontak fisik. Sebagai informasi, virus ini bisa menular melalui darah atau cairan genital.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi