Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Cara yang Mudah Ini

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang mengkhawatirkan masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Padahal, dalam realitanya masalah hipotensi atau tekanan darah rendah juga tak kalah berbahayanya bagi kesehatan. Beberapa gejala dari hipotensi ini adalah kepala pusing, mual-mual, dan tubuh yang terasa lelah.

Dilansir dari Express, kebanyakan orang berpikir jika untuk menambah tekanan darah, kita harus mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti sate kambing. Padahal, tidak semua orang suka dengan makanan tersebut. Beruntung, menurut pakar kesehatan, kita bisa mengubah sedikit gaya hidup kita sehari-hari untuk membantu menaikkan kadar gula darah dengan aman.

Masalah tekanan darah rendah terjadi jika tekanan darah tubuh kurang dari 90/60 mmHg. Memang, cukup banyak pemilik tekanan darah rendah yang tidak mengalami gejala kesehatan apapun, namun,  jika sampai kondisi tekanan darah rendah ini cukup ekstrem, maka penderitanya bisa mengalami bisa saja mengalami sensasi kebingungan, kehilangan kesadaran, pandangan yang buram, tubuh kelelahan, hingga tidak enak badan.

Untuk mengatasinya, kita bisa mulai menambah frekuensi makan dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil setiap kali makan. Selain itu, cobalah untuk bersantai atau berbaring setelah mengonsumsi makanan untuk beberapa waktu. Cobalah juga untuk menambah asupan air putih dan turunkan asupan minuman berkafein dan alkohol demi mengembalikan tekanan darah dalam kondisi yang normal.

Jika kita kerap berada dalam posisi duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, maka tekanan darah dalam tubuh juga bisa menurun dengan drastisn. Karena alasan inilah ada baiknya kita lebih sering mengubah posisi tubuh, khususnya jika kita berada dalam tempat kerja yang membuat kita lebih sering tidak bergerak.

Pakar kesehatan menyarankan orang-orang yang rentan terkena masalah hipotensi seperti ibu hamil atau yang memiliki usia lebih dari 65 tahun untuk menjaga gaya hidup dan pola makannya agar tidak mudah terkena masalah tekanan darah rendah ini.