Atasi Sakit Punggung dengan 3 Posisi Tidur Ini

Photo Credit : www.pexels.com

DokterSehat.Com– Sakit punggung adalah sebuah kelainan otot pada daerah tulang belakang yang bisa menimbulkan rasa nyeri. Sakit punggung sendiri bisa dikarenakan gaya hidup yang kurang baik,, misalnya terlalu banyak duduk, terlalu lelah, mengangkat beban berat, ataupun hal-hal tak terduga lainnya.

Tidak sedikit orang yang mengeluh saat sudah terkena sakit punggung. Sebab, nyeri yang datang tiba-tiba sangat mengganggu aktivitas. Terlebih saat malam hari atau akan beranjak tidur. Nyeri tersebut akan mengganggu sehingga tidur pun menjadi tertanggu.

Namun, yang perlu Anda ketahui, sakit punggung ternyata bisa disembuhkan dengan posisi tidur yang tepat. Menurut laman Lifehack, posisi tidur yang benar akan mengurangi rasa nyeri pada punggung hingga akhirnya sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berikut 3 posisi tidur yang bisa sembuhkan sakit punggung:

1. Terlentang

Posisi tidur ini bisa dikatakan sebagai salah satu posisi yang kurang nyaman untuk penghantar tidur. Tapi, dibalik ketidaknyamanannya tersebut, posisi terlentang bisa menyembuhkan sakit punggung. Sebab, dengan posisi ini sekujur tubuh akan merasakan rileks yang luar biasa karena seluruh organ tubuh berada pada posisi sejajar. Nah, dengan posisi ini tulang belakang akan memperbaiki kelainan tersebut dengan sendirinya.

2. Miring ke Kanan

Tidur dengan posisi miring adalah sebuah kenikmatan bagi sebagian orang. Pasalnya, dengan memiringkan badan, aka nada sebuah rasa nyaman yang membuat orang menjadi lebih cepat pulas. Dalam penyembuhan sakit punggung, tidur dengan miring ke kanan juga dipercaya ampuh dan bisa menyembuhkan secara perlahan. Tapi perlu diingat, jangan terlalu lama tidur pada posisi ini, sesekali buat tubuh terlentang agar tekanan jaringan serta otot menjadi seimbang.

3. Starfish

Posisi tidur ini sebenarnya hampir sama dengan posisi terlentang. Hanya saja, kedua tangan diharuskan berada pada bagian atas yang sejajar dengan kepala. Beberapa pakar menyarankan posisi Starfish untuk mengurangi risiko penyakit punggung. Tapi jika terlalu sering pada posisi ini, maka bisa mengakibatkan seseorang jadi mudah mendengkur.