Terbit: 14 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Semua orang selalu menganggap pria sebagai individu yang memiliki antusiasme tinggi untuk berhubungan badan. Padahal tidak semua pria demikian. Tidak sedikit kaum adam yang merasa takut atau gelisah saat berhubungan badan. Salah satu ketakutan terbesar mereka adalah tidak bisa ereksi sempurna atau cepat keluar dan tidak memuaskan pasangan.

5 Cara Mengatasi Rasa Takut Bercinta pada Pria

Kegelisahan yang dialami oleh pasangan ini sebenarnya wajar khususnya mereka yang baru saja memulai seks. Namun, kalau kegelisahan justru terus muncul, Anda harus segera mengatasinya agar kehidupan seks tidak terganggu dan fungsi reproduksi juga bisa berjalan dengan baik.

Berikut beberapa cara mengatasi rasa takut untuk bercinta yang sering dialami oleh pria.

  1. Meredakan stres yang dialami oleh tubuh

Terkadang stres bisa muncul begitu saja karena beban pekerjaan yang banyak atau masalah rumah tangga. Masalah yang terlalu besar ini membuat pria jadi susah untuk memaksimalkan kemampuannya di ranjang. Sekali saja mereka tidak mampu melakukan seks dengan benar, ketakutan demi ketakutan akan muncul.

Stres membuat pria jadi susah ereksi dengan maksimal. Selanjutnya mereka juga mengalami penurunan libido sehingga seks menjadi tidak menarik lagi. Kalau Anda tidak ingin mengalami penurunan kualitas seks, ada baiknya untuk meredakan stres dengan sering melakukan relaksasi atau pelesir dengan pasangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Jujur dengan pasangan

Salah satu kesalahan terbesar pria dalam hal seks adalah tidak jujur dengan pasangan. Mereka selalu berpikiran kalau seks yang dilakukan harus maksimal dan bisa memberikan kepuasan pada dua belah pihak. Setiap melakukan seks pria harus ada pada kondisi prima sehingga jarang sekali ada pria yang membicarakan kelemahannya.

Daripada Anda kebingungan sendiri dengan masalah ereksi dan kemampuan seksual sehingga aktivitas ranjang tidak bisa berjalan dengan lancar, ada baiknya segera membicarakan dengan pasangan. Dengan membicarakan seks dengan pasangan, Anda bisa mendapatkan penyelesaian yang baik dan tekanan batin bisa diredakan.

  1. Tidak melakukan seks untuk kepuasan fisik saja

Seks menjadi obsesi dan ketakutan pria karena aktivitas ini hanya ditujukan untuk kepuasan fisik semata. Seks hanya ditujukan untuk membuat kedua belah pihak mendapatkan klimaks. Padahal seks tidak demikian, ada banyak hal yang harus diperhatikan pria seperti komunikasi yang intens.

Lakukan seks bukan karena terpaksa untuk memenuhi kebutuhan fisik saja. Lakukan seks untuk komunikasi yang intens meski tidak secara verbal. Kalau seks dilakukan dengan lebih relaks, ketakutan berhubungan seks akan menurun. Anda pun lebih menikmati semua aktivitas ranjang.

  1. Mulai melakukan olahraga

Mulai lakukan olahraga dengan baik seminggu 3-5 kali. Dengan melakukan olahraga, kondisi fisik akan meningkat. Ketakutan pada ereksi tentu tidak akan terjadi karena olahraga akan membuat tubuh jadi lebih sehat dan kemungkinan mendapatkan ereksi yang maksimal bisa terjadi.

Olahraga juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar lemak pada pria yang mengalami obesitas. Kadar lemak yang menurun akan memicu testosteron meningkat sehingga gairah seksual pria akan stabil.

  1. Mendatangi terapis

Datangi terapis kalau masalah seks terus menjadi ketakutan dan empat cara di atas tidak membantu. Dengan mengunjungi terapis, Anda dan pasangan akan diberi tahu bagaimana cara mengatasi ketakutan dengan benar dan mendapatkan kehidupan seks yang hebat.

Jangan malu atau takut untuk mengunjungi terapis. Mereka hanya akan bertanya dan memberi saran saja. Datanglah dengan pasangan agar penyembuhan ketakutan bisa diatasi berdua.

Inilah beberapa cara mengatasi ketakutan berhubungan seks pada pria. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi