Terbit: 10 April 2018 | Diperbarui: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Terik matahari memang menjadi salah satu faktor terjadinya masalah pada kulit, baik itu kulit tubuh maupun kulit wajah. Seperti diketahui, terik matahari atau sinar ultraviolet yang terkontak langsung pada seseorang bisa menimbulkan berabagai masalah serius pada kulit, mulai dari kulit kering, iritasi, hingga penuaan dini.

Atasi Paparan Sinar Ultraviolet dengan 3 Jenis Makanan ini!

Untuk mengatasinya, banyak orang yang melapisi kulit mereka dengan krim serta produk kosmetik yang dipercaya bisa menangkal sinar ultraviolet. Padahal, melindungi kulit tidak hanya cukup dari luar saja, tapi juga harus dari dalam. Jika Anda sudah melindunginya dari luar dengan krim atau produk kosmetik, maka ada baiknya juga jika Anda melindungi kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Adapun, beberapa makanan yang dipercaya bisa menangkal sinar ultraviolet, diantaranya:

1. Timun

Sampai saat ini, timun dipercaya bisa melindungi kesehatan kulit dari dalam maupun luar. Hal tersebut dikarenakan timun memiliki kandungan air yang cukup berlimpah. Dengan kandungan air yang dimiliki, timun bisa menghidrasi tubuh dengan baik serta memberikan kelembaban kulit sehingga mengurangi risiko penuaan dini.

2. Alpukat

Siapa sangka ternyata buah yang sangat mudah ditemukan ini ternyata memiliki manfaat sebagai pelindung kulit. Hal itu dikarenakan alpukat memiliki kandungan vitamin E yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya kulit. Sampai saat ini, alpukat dipercaya sebagai buah yang bisa memberikan kecantikan bagi wanita. Maka tak heran, jika banyak terapi kecantikan yang menggunakan buah ini sebagai bahan dasarnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Wortel

Selain baik untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga bisa digunakan untuk menyehatkan kulit seseorang. Hal tersebut dikarenakan wortel yang kaya akan vitamin A dan beta karoten sehingga bisa menjaga kulit dari dalam. Agar mengonsumsinya menjadi lebih nikmat, Anda bisa merubah wortel menjadi sop ataupun jus dengan tambahan gula dan susu.

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi