Penyebab dan Cara Mengatasi Panas Tubuh yang Berlebihan

mengatasi-panas-tubuh-doktersehat

DokterSehat.Com – Panas pada tubuh berfungsi untuk menjaga kondisi fisik secara menyeluruh. Namun, kalau panas dari tubuh naik cukup signifikan, kemungkinan besar bisa mengganggu cukup banyak aktivitas harian. Tubuh jadi demam dan perasaan tidak nyaman membuat Anda jadi mudah lemas hingga dehidrasi.

Penyebab Panas Berlebihan pada Tubuh

Kenaikan suhu di tubuh yang berlebihan bisa disebabkan oleh banyak hal. Normalnya suhu tubuh sekitar 37-38 derajat Celcius. Kalau sampai berada di atas itu, tubuh sedang mengalami demam. Nah, kira-kira apa saja yang menyebabkan suhu tubuh naik signifikan?

  • Udara di sekitar tubuh yang panas. Misal Anda berada di ruangan yang atapnya terbuat dari seng yang menyerap banyak panas. Selanjutnya di dalam ruangan juga tidak ada pendingin ruangan sama sekali. Kondisi ini mau tidak mau akan membuat suhu tubuh mengalami peningkatan cukup signifikan.
  • Tubuh sedang mengalami infeksi apa pun jenisnya. Infeksi dari patogen seperti bakteri atau virus akan menyebabkan suhu tubuh jadi meningkat. Peningkatan ini terjadi karena daya tahan tubuh sedang bekerja untuk membasmi patogen yang berusaha masuk dan memengaruhi organ.
  • Terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Terpapar sinar matahari yang berlebihan ternyata bisa membuat suhu tubuh meningkat dengan cepat diikuti dengan pusing dan haus yang berlebihan. Berada di bawah sinar matahari membuat tubuh mudah sekali mengalami dehidrasi yang berlebihan.
  • Olahraga yang terlalu intens seperti lari atau angkat beban. Kalau Anda melakukan dua hal itu secara berlebihan, kemungkinan besar suhu tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Meski demikian, suhu tubuh biasanya akan menurun dengan sendirinya saat beristirahat.
  • Memiliki gangguan tiroid bernama hipertiroidisme. Gangguan ini menyebabkan metabolisme tubuh berjalan dengan sangat cepat. Kondisi ini memicu suhu di tubuh meningkat dengan cepat meski tidak dipicu dengan aktivitas olahraga yang intens.
  • Menggunakan pakaian yang salah. Kalau Anda menggunakan pakaian dengan bahan serat sintetis yang sangat menempel di tubuh, suhu tidak bisa dikendalikan dengan baik. Udara di dalam tubuh akan terperangkap sehingga perlahan-lahan mengalami kenaikan.
  • Pengaruh dari apa yang dimakan. Kalau Anda banyak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas seperti cabai dan sejenisnya, tubuh akan mengalami kenaikan suhu yang berlebihan. Itulah kenapa Anda jadi mudah sekali berkeringat dan menjadi sangat gerah. Selain makanan yang pedas, makanan berminyak dan tinggi protein juga memicu kondisi ini.
  • Sedang ada pada kondisi menopause atau perimenopause. Perubahan hormon pada tubuh wanita akibat tidak subur lagi sering memicu kenaikan suhu berlebihan khususnya di dada.
  • Mengonsumsi minuman tertentu seperti kopi dan alkohol. Dua minuman ini akan menaikkan suhu tubuh cukup signifikan. Itulah kenapa kopi sering sekali dikonsumsi oleh mereka yang akan olahraga atau yang ingin menurunkan berat badan karena metabolismenya meningkat.
  • Kondisi kesehatan tertentu seperti mengalami masalah pada saraf, arthritis, dan leukemia.
  • Pengaruh obat tertentu seperti antibiotik, pereda nyeri atau panas, dan anti alergi.

Cara Mengatasi Panas Berlebihan pada Tubuh

Panas berlebihan di tubuh disebabkan oleh banyak tubuh. Anda bisa mengatasi panas berlebihan itu dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Minum Air yang Dingin

Dari penelitian yang dilakukan oleh Maley, Matthew J. pada tahun 2018 lalu, mengonsumsi minuman dingin membantu menurunkan suhu tubuh khususnya di saluran cerna dan rektum. Penurunan suhu ini akan membantu seseorang dengan kondisi tubuh mengalami demam atau panas berlebihan.

  1. Berada di Ruangan yang Sejuk

Kalau Anda berada di ruangan yang terlalu panas, ada baiknya untuk segera berpindah. Coba masuk ke ruangan yang jauh lebih sejuk dan memiliki pendingin. Kalau terus berada di ruangan panas, tubuh akan terus mengalami kenaikan suhu dan berkeringat.

  1. Mandi Air Dingin

Masih dari penelitian Maley, Matthew J, pemberian es pada kulit juga bisa menurunkan suhu permukaan secara cepat. Kalau Anda mengaplikasikan es ke kulit atau mandi dengan air dingin, suhu di tubuh akan mengalami penurunan yang cepat dan tubuh jadi lebih segar.

  1. Menggunakan Pakaian yang Lebih Longgar

Gunakan pakaian yang lebih longgar dan tidak kekecilan. Kalau Anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat, suhu di tubuh akan terperangkap dan tidak terjadi sirkulasi yang baik. Ganti pakaian Anda dengan yang lebih nyaman, khususnya saat akan tidur.

  1. Mengurangi Pergerakan Tubuh

Pergerakan yang signifikan menyebabkan gangguan pada tubuh. Kalau Anda sedang mengalami kenaikan suhu atau demam, perbanyakan melakukan istirahat. Jangan terlalu banyak melakukan olahraga atau aktivitas berat lainnya.

  1. Mengatasi Kondisi Medis

Kondisi media tertentu seperti yang sudah dibahas di atas harus diatasi atau diturunkan gejalanya. Kalau bisa melakukannya, suhu tubuh akan mengalami penurunan secara perlahan. Tanyakan pada dokter bagaimana cara mengatasi panas berlebihan di tubuh yang aman dan tidak berisiko.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mendinginkan

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh yang berlebihan adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang mendinginkan. Selain minum air putih dingin yang sudah dibahas sebelumnya, Anda juga bisa mengonsumsi yoghurt, semangka, atau makanan lain yang mengandung banyak air.

Inilah beberapa ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi panas yang berlebihan pada tubuh. Dengan melakukan beberapa hal di atas, suhu tubuh bisa menjadi lebih stabil dan gangguan lainnya tidak muncul. Kalau beberapa cara di atas tidak bisa mengatasi panas atau demam di tubuh, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.

 

 

Sumber:

  1. Maley, Matthew, J. 2018. Internal and external cooling methods and their effect on body temperature, thermal perception and dexterity. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5777660/. (Diakses 6 September 2019).
  2. Cronkleton, Emily. 2018. How to Reduce Body Heat Quickly and Get Relief. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-body-heat. (Diakses 6 September 2019).
  3. Stinson, Adrienne. 2019. The best ways to reduce body heat. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326235.php. (Diakses 6 September 2019).