Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak bunga yang tumbuh di nusantara, dan memiliki keindahan memukau. Namun tak hanya sedap dipandang, beberapa di antaranya ternyata mengandung khasiat yang luar biasa. Salah satunya adalah melati.

Atasi Jerawat dengan Ekstrak Bunga Melati

Photo Credit: Flickr.com/Jalal Hameed Bhatti

Bunga yang juga dikenal sebagai puspa bangsa ini diketahui memiliki manfaat di bidang kecantikan. Salah satu kemampuan mengagumkan yang dimilikinya adalah dapat menghilangkan jerawat. Menurut berbagai penelitian, bunga dengan wangi khas ini memang mengandung bahan yang bisa mencegah tumbuhnya bakteri.

Selain menghambat berkembangnya bakteri, melati juga dapat menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Sebagai generasi yang hidup di zaman modern, tentunya banyak polusi dan serangan jahat yang muncul di sekitar kita. Karenanya, penting bagi kita untuk menjaga kulit tetap sehat.

Memanfaatkan melati sebagai obat jerawat juga bukan hal yang sulit. Bahan-bahan yang disiapkan antara lain adalah segenggam bunga melati yang direbus dalam air sebanyak kurang lebih tiga gelas. Didihkan selama 30 menit, kemudian diamkan sebentar. Jika rebusan tersebut sudah hangat-hangat kuku, maka basuhkan ke bagian yang berjerawat. Lakukan dengan teratur, dan hasilnya akan mulai nampak dalam beberapa hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Selain sebagai air basuhan, ekstrak melati juga bisa digunakan dalam bentuk masker. Tumbuh halus segenggam bunga melati, lalu campurkan dengan madu dan minyak zaitun. Oleskan pada wajah, dan biarkan hingga kering, kurang lebih selama 20 menit. Penggunaan secara teratur akan membuat wajah terlihat lebih bersinar.

Nah itulah cara mudah untuk memanfaatkan melati sebagai obat penghilang jerawat. Selain membuat wajah halus tanpa jerawat, ekstrak melati juga akan menjaga kesehatan kulit agar tetap cantik bersinar. Siap mencoba kedua cara di atas? Kalau bisa herbal, kenapa harus pakai cara mahal?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi