Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sejak beberapa hari menjelang Lebaran tiba, kita selalu berujar untuk mengendalikan makan saat Lebaran. Pada momen ini kita harus bisa menjaga apa yang dimakan dan apa saja yang tidak boleh di makan. Intinya, kita tidak boleh makan berlebihan karena bisa menyebabkan tubuh mengalami penumpukan lemak dan kenaikan berat badan terjadi.

5 Cara Mengatasi Berat Badan yang Terlanjur Naik Saat Lebaran

Kalau Lebaran tahun ini Anda terlanjur tidak bisa mengendalikan apa yang dimakan dan kenaikan berat badan terjadi, coba untuk kembali ke jalur yang benar. Setelah Lebaran atau masih dalam rangka Hari Raya ini coba lakukan beberapa hal di bawah ini dengan baik.

  1. Atur lagi pola makan

Selama Lebaran tiba, kita tidak bisa atau susah sekali mengatur pola makan yang benar. Hampir di setiap rumah kita makan apa saja yang disajikan meski porsinya tidak banyak. Jika di setiap rumah Anda makan 2-3 kue, kalau ada 10 rumah yang dikunjungi?

Nah, karena kita terlanjut tidak enak kalau tidak menyantap apa saja yang disajikan, coba untuk membalasnya setelah Lebaran. Atur lagi pola makan menjadi lebih baik sesuai dengan diet yang Anda jalankan.

Kalau Anda mengatur intermittent fasting kembali makan di atas pukul 12.00. Sebaliknya kalau Anda mengikuti ketogenic, kembali jauhi karbohidrat.

  1. Lakukan olahraga yang rutin

Meski sejak awal Anda sudah berniat melakukan olahraga rutin setiap pagi selama 15-30 menit setiap hari, rasa malas terkadang mengalahkan segalanya. Apalagi pagi musim panas seperti saat ini pasti dingin sehingga rasa malas akan mudah sekali muncul.

Setelah kembali ke rumah, pastikan untuk kembali ke jalan yang benar. Jangan malas lagi untuk berolahraga dan lakukan secara rutin seminggu minimal tiga kali. Buat tubuh membuah lemak menjadi tenaga sehingga Anda akan terhindar dari kondisi bernama obesitas yang cukup berbahaya.

  1. Mengendalikan gula berlebihan

Saat Lebaran kita akan banyak mengonsumsi makanan yang manis dari aneka hidangan yang disajikan. Aneka kue yang masuk mengandung gula sederhana dan karbohidrat sederhana dari aneka tepung yang digunakan.

Setelah Lebaran usai, batasi penggunaan gula menjadi lebih ketat. Anda boleh saja mengonsumsi gula tapi hanya beberapa porsi saja. Anda juga disarankan untuk menggunakan gula rendah kalori yang biasanya terbuat dari jagung atau stevia.

Kalau Anda ingin makan sesuatu yang manis lebih baik menggunakan buah. Perbanyak buah baik dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus.

  1. Menjaga asupan air ke dalam tubuh

Air yang sering kita minum saat Lebaran biasanya air dengan rasa-rasa tertentu. Air jenis itu bisa membuat kadar gula di dalam darah naik dan Anda cepat lelah dan juga mengantuk karena porsi yang masuk ke dalam tubuh jumlahnya banyak.

Pasca Lebaran coba untuk memperbanyak air putih yang masuk ke dalam tubuh. Air putih akan membuat tubuh lebih sehat, terhidrasi, dan membantu penurunan berat badan sedikit demi sedikit.

  1. Istirahat yang cukup

Hal terakhir yang harus Anda persiapkan untuk menurunkan berat badan adalah tubuh yang selalu sehat setiap harinya. Terkadang olahraga membuat tubuh mengalami banyak nyeri dan capai yang besar. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup setiap harinya.

Setiap hari tidur minimal 7 jam agar kondisi tubuh bisa kembali seperti semula. Buat tubuh menyembuhkan dirinya sendiri sehingga Anda selalu semangat untuk membuatnya kembali ideal seperti semula.

Inilah lima cara mengatasi berat badan yang terlanjut naik saat Lebaran. Semoga tips di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi