9 Cara Mengatasi Flu secara Alami Saat Puasa

minyak-esensial-doktersehat.

DokterSehat.Com – Saat puasa kita akan mengalami perubahan pola tidur, pola makan, dan juga kebiasaan sehari-hari. Kondisi ini menyebabkan kita mengalami penurunan daya tahan tubuh dan akhirnya mudah sekali sakit. Apalagi sering ibadah di malam hari dan bangun dini hari untuk sahur. Penyakit flu atau pilek akhirnya tidak bisa dicegah dan membuat puasa jadi semakin sulit.

Cara menangani flu saat puasa secara alami

Tidak semua orang menyukai obat untuk mengatasi flu. Beberapa orang lebih suka menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi flu agar tidak menyebabkan ketergantungan. Selama puasa Anda juga bisa menggunakan cara-cara di bawah ini agar flu segera pergi dan aktivitas puasa bisa dijalankan dengan mudah dan lancar.

  1. Menghidrasi tubuh

Salah satu kesalahan kita saat menjalankan puasa adalah tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Padahal cairan tubuh sangat penting untuk membuat Anda menjadi lebih kuat dan tenggorokan serta area napas selalu lembab. Kalau sampai area itu kering dan kena flu, ingus dan dahak bisa saja muncul.

Minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Anda bisa minum saat sedang sahur sebanyak 2-3 gelas. Selanjutnya, minum lagi 2 gelas saat berbuka dan sisanya diminum secara berkala hingga Anda akhirnya tidur. Biasakan minum air putih agar flu segera sembuh.

  1. Minum sesuatu yang hangat

Saat berbuka puasa setelah seharian menahan dahaga, kita cenderung mengonsumsi minuman yang terlalu dingin. Minuman yang memiliki banyak gula dan es ini memang menyegarkan dan segera memberikan tenaga. Namun, kalau Anda sedang mengalami flu akan membuat gejalanya kian parah.

Daripada mengonsumsi minuman yang terlalu dingin, ganti dengan menggunakan air hangat saja. Anda bisa minum teh hangat atau minuman lain yang membuat area tenggorokan menjadi lebih nyaman. Setelah flu sembuh, Anda baru boleh minum sesuatu yang dingin.

  1. Istirahat dengan cukup

Saat sedang puasa kita memang cenderung mengalami penurunan waktu tidur. Yang awalnya 7 jam ke atas bisa menjadi 6 jam atau malah 5 jam saja.  Saat mengalami flu, tidur adalah hal penting yang harus dilakukan. Lalu, bagaimana agar jam tidur harian tetap sama dan tubuh bisa segera sembuh dari flu?

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuri-curi waktu tidur adalah dengan menghindari bekerja terlalu berat dan segera tidur kalau Anda sudah lelah. Jangan begadang saat malam hari. Segera tidur begitu pukul 21.00. Selanjutnya bangun mendekati waktu imsak agar tidur bisa nyenyak terlebih dahulu. Saat siang, gunakan waktu istirahat untuk tidur selama 15-30 menit.

  1. Meningkatkan asupan seng

Seng adalah salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan seng setiap hari, Anda akan mudah melawan virus flu yang masuk ke dalam tubuh. Seng akan membuat tubuh mengalami kenaikan daya tahan tubuh dan membuat sel darah putih bisa melawan virus yang terus menyerang.

Sumber dari seng ada banyak dan bisa Anda masukkan untuk menu sahur dan berbuka puasa. Salah satu bahan makanan yang banyak mengandung seng terdiri dari daging merah, tiram, kacang-kacangan, biji-bijian, olahan susu, dan telur.

  1. Berkumur dengan air garam

Kalau tenggorokan sakit, berkumurlah dengan air garam. Masukkan air hingga ke tenggorokan lalu gunakan berkumur di sana. Selanjutnya segera keluarkan. Lakukan saat sahur dan sebelum tidur.

  1. Mengonsumsi teh herbal

Teh herbal juga membuat Anda menjadi semakin mudah mengatasi flu yang sedang dialami. Saat berbuka puasa atau saat santai sebelum tidur, coba buatlah teh hijau. Jangan gunakan gula biasa. Anda bisa menggunakan madu yang memiliki kemampuan untuk meredakan inflamasi dan nyeri di tenggorokan.

  1. Menggunakan pelembab udara

Kalau Anda memiliki pelembab udara atau humidifier segera gunakan untuk membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Dengan menggunakan humidifier, udara akan terjaga kebersihannya. Udara kotor dan kering yang menyebabkan flu kian parah tidak akan muncul lagi.

Kalau tidak ada humidifier, bisa menggantungkan air di depan kipas angin agar udara dingin yang keluar membawa uap air. Hindari berada di luar ruangan yang terlalu panas agar tubuh tidak loyo dan dehidrasi lalu memicu kondisi flu semakin parah.

  1. Mengonsumsi makan dengan kandungan antioksidan

Konsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang besar. Saat sahur dan berbuka Anda bisa memperbanyak buah dan sayuran. Apa saja yang mengandung vitamin C atau vitamin lainnya bisa dikonsumsi daripada terlalu banyak mengonsumsi gula.

Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji atau gorengan saat berbuka puasa. Makan jenis itu memang nikmat, tapi bisa membuat Anda jadi tidak nyaman dan kondisi flu yang dialami tidak segera sembuh.

  1. Menghirup uap hangat

Saat mengalami flu, Anda akan sering mengalami hidung yang selalu buntu. Hidung yang buntu ini akan membuat beberapa orang merasa pusing dan tidak nyaman. Mereka juga tidak bisa bekerja dengan maksimal. Mau minum obat pun juga tidak mungkin karena sedang menjalankan puasa.

Kalau Anda sudah merasa tidak nyaman, cari mangkuk dan isi dengan air panas yang mengeluarkan uap hangat. Teteskan beberapa minyak esensial atau bisa minyak kayu putih. Hidup uapnya secara sederhana untuk membuat hidung menjadi lebih reda dan tidak terjadi gangguan pernapasan.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi flu secara alami ketika Anda menjalankan puasa. Dari beberapa cara di atas, adakah yang sering Anda lakukan meski tidak sedang puasa? Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk mengatasi flu dan membuat puasa yang dijalankan menjadi penuh dari awal hingga akhir.