Terbit: 1 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat sedang menstruasi, setiap wanita pasti mengalami gejala PMS yang cukup mengganggu, salah satunya adalah dismenore. Ya, dismenore adalah rasa nyeri saat haid yang diikuti dengan sensasi cukup menyakitkan, berdenyut, kram, bahkan sampai panas yang menyerang area perut dan punggung. Dismenore sendiri timbul akibat kontraksi pada pembuluh darah di sekitar rahim sehingga suplai darah dan oksigen menjadi terhambat.

Atasi Dismenore dengan 3 Gerakan Yoga ini!

Photo Credit : pexels.com

Hal ini cukup menyiksa semua wanita saat sedang menstruasi. Bahkan, pada beberapa kasus sampai mengakibatkan pingsan. Nah, bagi Anda yang merasa sering mengalami dismenore saat sedang haid, ada baiknya Anda tidak hanya diam atau tidur. Sebab hal tersebut justru bisa memperparah rasa nyeri. Untuk mengatasinya, lakukan 4 gerakan yoga berikut ini.

  • Paschimottanasana

Paschimottanasana merupakan salah satu gerakan yoga yang cukup efektif untuk mengurangi rasa nyeri dismenore saat haid. Gerakannya pun cukup sederhana, yaitu Anda hanya perlu duduk dengan meluruskan kedua kaki. Lalu, menunduk perlahan dan sampai bisa mencium lutut. Jika otot Anda masih kaku dan belum bisa mencium lutut, lakukanlah semampu Anda. Tahan gerakan ini sekitar 2 menit dan ulangi hingga 5 kali.

  • Child’s Pose

Untuk gerakan yang satu ini lebih mudah dilakukan. Anda hanya perlu duduk bersimpuh dan mencondongkan badan ke depan hingga kepala menyentuh lantai, layaknya sedng sujud. Tapi, Anda harus menjulurkan tangan sejauh mungkin ke depan. Posisi ini bisa membuat sangat Anda rileks dan mengurangi rasa nyeri dismenore.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • Downward Facing Dog Pose

Mungkin nama gerakan ini sedikit rumit, tapi tenang saja, gerakannya cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu berdiri tegak lalu perlahan tundukkan kepala hingga kedua telapak tangan menyentuh permukaan lantai sehingga seolah-olah tubuhmu membentuk segitiga. Saat melakukan gerakan ini, atur nafas untuk tetap stabil sampai perut merasakan sedikit rileks. Lalu kembali pada posisi tegak dan ulangi gerakan ini sampai 5 kali.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi