5 Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Menjalankan Puasa

doktersehat cegah dehidrasi

DokterSehat.Com – Kebutuhan air harian baik saat puasa atau hari biasanya tetap 8 gelas atau kurang lebih dua liter. Saat sedang puasa, kebutuhan air itu tentu akan susah dipenuhi. Kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi lemas dan akhirnya tidak kuat puasa dari awal hingga akhirnya tiba saat berbuka.

Kalau Anda ingin menjalankan puasa dengan mudah tanpa ada gangguan dehidrasi yang menyiksa, coba perhatikan hal-hal di bawah ini dengan saksama ya.

  1. Tetap minum 8 gelas air

Tetap minum 8 gelas air setiap hari. Pembagiannya adalah 4 gelas saat sahur (perbanyak jelang imsak), 2 gelas saat berbuka dan 2 gelas saat akan tidur. Dengan pembagian ini Anda akan tetap bisa menikmati puasa dengan lancar tanpa khawatir akan mengalami kehausan dan lemas karena tubuh kekurangan cairan.

  1. Jangan sahur dengan makanan asin

Makanan yang mengandung kadar garam tinggi sedikit memengaruhi kondisi cairan tubuh. Kalau garam yang masuk cukup banyak, pengaturan cairan akan mengalami gangguan dan menyebabkan tubuh jadi lemas saat siang.

  1. Kalau sahur banyak protein perbanyak air

Kalau Anda sedang menghindari karbohidrat dan memperbanyak protein, disarankan untuk banyak minum air saat sahur. Hal ini perlu dilakukan agar tubuh tidak kekurangan pasokan cairan yang gampang keluar kalau menjalani diet rendah karbohidrat.

  1. Perbanyak buah dan sayur

Mengapa harus buah dan sayur? Karena kebutuhan cairan tubuh bisa dicukup dengan sayur dan buah hingga 20 persen. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung banyak serat yang baik untuk mencegah rasa lapar cepat muncul.

  1. Utama air putih

Yang dimaksud air pada poin pertama adalah air putih atau air mineral. Anda boleh minum air dengan pemanis entah itu sirop atau bahan lainnya. Saat puasa, kurangi minuman manis karena bisa menyebabkan gangguan seperti obesitas.

Nah, semoga bermanfaat!