Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Lebaran tinggal beberapa hari lagi nih. Anda yang memiliki keluarga di luar kota atau pulau pasti sudah mempersiapkan mudik dengan baik agar saat liburan tiba, ritual tahunan ini bisa dilakukan dengan akan dan lancar.

Cara Atasi dan Cegah Dehidrasi Saat Mudik Lebaran

Saat mudik usahakan untuk selalu membawa perbekalan dan obat-obatan pribadi. Dengan membawa dua hal ini Anda masih bisa sahur atau berbuka selama perjalanan. Selain itu usahakan untuk tidak membawa banyak barang karena bisa mengganggu khususnya untuk Anda yang mudik dengan angkutan umum.

Selain apa yang telah disebutkan sebelumnya. Saat mudik usahakan untuk tetap terhidrasi dengan baik agar perjalanan bisa Aman dan lancar.

Bahaya dehidrasi selama perjalanan

Selama perjalanan mudik, udara panas dan lembap akan sering mengenai Anda sehingga kondisi dehidrasi bisa terjadi. Kalau Anda sedang puasa dehidrasi bisa menyebabkan beberapa hal di bawah ini.

  1. Lemas berlebih

Tubuh yang tidak terhidrasi biasanya akan mengalami rasa lemas yang sangat besar. Rasa lemas ini akan membuat Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Jadi, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi kalau Anda mudik dengan kendaraan umum?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Selama perjalanan Anda tidak akan bisa apa-apa selain duduk dan diam. Kalau ingin tubuh kembali kuat, Anda terpaksa harus membatalkan puasa. Jika tidak, hal-hal yang lebih buruk lagi bisa terjadi.

  1. Pusing hingga vertigo

Rasa lemas saat dehidrasi biasanya memicu rasa pusing yang sangat besar. Karena tubuh kekurangan banyak air, gangguan pada tubuh terjadi sehingga rasa nyeri di kepala tidak bisa dihindari lagi.

Kalau rasa pusing yang muncul tidak terlalu besar mungkin Anda masih bisa mengatasinya. Namun, kalau rasa pusingnya cukup besar hingga memunculkan vertigo, tubuh akan terganggu. Keseimbangan tubuh akan turun sehingga Anda bisa mudah sekali jatuh.

  1. Pingsan

Hal terburuk terakhir yang akan terjadi kalau tubuh mengalami dehidrasi adalah pingsan. Anda bisa mengalami ini kalau tubuh jadi sangat lemas dan tidak bisa dikendalikan lagi.

Kalau Anda sudah lemas, pusing, dan mulai hilang keseimbangan, segera minum air putih sebanyak mungkin. Jika kondisi sudah membaik coba makan sesuatu yang manis dahulu setelah itu boleh makan yang lain.

Cara mencegah dan mengatasi dehidrasi

Agar kondisi dehidrasi tidak membuat Anda jadi pusing hingga berujung pingsan, coba lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Pilih waktu mudik yang tepat

Pilih waktu mudik yang tepat agar bisa sampai ke kampung halaman. Kalau perjalanan memakan waktu hingga lebih dari 12 jam, Anda disarankan untuk berangkat malam hari setelah Tarawih. Kalau melakukan mudik pada jam ini sebagian besar waktu perjalanan masih gelap dan dingin.

Kalau Anda berangkat pagi, sepanjang siang Anda akan kepanasan di dalam kendaraan umum seperti bus. Kalau Anda menggunakan kereta api atau pesawat, cara ini mungkin bisa dilewati karena sudah ada fasilitas pendingin ruangan.

  1. Minum yang cukup

Minum yang cukup saat akan berangkat mudik. Kalau mudik dengan jarak tidak jauh, lakukan pagi setelah sahur. Kalau jaraknya jauh lakukan malam hari dengan membawa makanan dan minum yang cukup. Tetap penuhi 3-4 gelas saat sahur dan sisanya untuk berbuka puasa.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Ada kalanya dehidrasi yang terjadi pada tubuh muncul karena pakaian yang digunakan. Kalau Anda ingin tetap relaks selama perjalanan, hindari menggunakan pakaian yang berbahan berat dan menyerap panas.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang mau mudik!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi