Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebersihan vagina sudah selalu terjaga, namun masih saja timbul masalah? Misalnya gatal-gatal atau aroma vagina yang kurang sedap. Tak khayal, vagina yang memiliki aroma kurang sedap dapat menurunkan rasa percaya diri pada wanita saat sedang melakukan hubungan seks dengan pasangan. Pasalnya, pasangan akan merasa hilang gairah bahkan enggan untuk melakukan hubungan seks lagi.

Atasi Aroma Kurang Sedap pada Vagina dengan Daun Sirih dan Daun Kemangi

Photo Credit : pexels.com

Masalah ini terjadi bukan hanya karena kebersihan vagina yang kurang terjaga, melainkan akibat tumbuhnya jamur pathogen, infeksi jamur, dan perubahan hormin yang tidak stabil. Untuk mengatasi masalah aroma vagina yang kurang sedap, banyak wanita yang menggunakan produk pabrikan seperti sabun khusus untuk membersihkan area organ intim.

Padahal, akibat dari penggunaan produk yang diyakini dapat mengharumkan aroma vagina tersebut justru dapat membahayakan kesehatan vagina karena mengandung parfum yang dapat menyebabkan vagina iritasi. Untuk mencegah masalah tersebut, sebaiknya Anda mengharumkan vagina dengan bahan alami saja. Di samping harganya yang terlampau lebih murah, juga aman untuk vagina.

  • Daun Sirih

Siapa yang tidak tahu dengan daun sirih? Tumbuhan ini memang dikenal memiliki manfaat baik sebagai penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung senyawa yang mampu memberikan kesembuhan, yakni minyak astir serta kandungan vitamin dan mineral lainnya yang baik bagi tubuh. Daun sirih juga sangat sering digunakan sebagai obat herbal, salah satunya adalah untuk mengatasi aroma vagina yang kurang sedap. Caranya dengan merebus beberapa helai daun sirih dan meminum air rebusan tersebut secara rutin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  • Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan tanaman herbal yang juga memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Tidak hanya bisa menghilangkan bau badan yang tidak sedap, tapi juga bisa mengatasi aroma vagina yang kurang sedap. Hal ini dikarenakan daun kemangi mengandung antioksidan yang tinggi serta bersifat anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat pada vagina. Anda hanya perlu menumbuk daun kemangi sampai halus, kemudian tambahkan madu dan gula aren. Setelah itu Anda bisa meminumnya setiap hari sesuai selera hingga Anda terbebas dari aroma vagina yang kurang sedap.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi