DokterSehat.Com– Kalsium merupakan salah satu jenis zat gizi yang harus dipenuhi kebutuhannya oleh ibu hamil. Hal ini didukung dalam Pedoman Gizi Seimbang untuk ibu hamil yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI yang menyebutkan bahwa asupan kalsium pada ibu hamil harus tercukupi sesuai kebutuhannya. Namun, tidak hanya jumlah asupan kalsium yang perlu diperhatikan, ada zat gizi lain yang dapat membantu penyerapan kalsium dengan baik.

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Zat gizi yang harus terdapat pada ibu hamil untuk mendukung penyerapan kalsium lebih baik adalah vitamin D. Vitamin D adalah zat gizi yang membantu absorbpsi kalsium. Vitamin D umumnya dikaitkan dengan manfaatnya untuk tulang. Kekurangan vitamin D selama kehamilan terbukti menyebabkan penurunan kepadatan mineral tulang pada masa anak-anak. Sehingga ibu hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin D-nya selama masa kehamilan.

Menurut Angka Kecukupan Gizi 2013 kebutuhan vitamin D ibu tetap sesuai umur ibu saat kehamilan. Kebutuhan vitamin D untuk ibu usia 19-29 tahun adalah 15 mcg. Angka tersebut dapat dipenuhi dari dua hal yaitu paparan sinar matahari dan asupan makanan yang kaya vitamin D. Pada negara dengan area tropis seperti Indonesia, asupan vitamin D mudah dicukupi melalui paparan vitamin D. Jika ibu hamil mendapatkan paparan sinar matahari selama 5-10 menit setiap hari di bagian tubuh, paling tidak tangan dan muka, maka vitamin D hariannya dapat dicukupi.

Asupan makanan vitamin D diperlukan jika ibu tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Makanan yang tinggi vitamin D adalah ikan. Ikan adalah bahan makanan yang cukup sering dianjurkan agar dikonsumsi ibu hamil. Jika ibu hamil mengonsumsi ikan sesuai anjuran (paling tidak 1-2 kali dalam 2 hari) maka asupan vitamin D nya dapat terpenuhi.

Kalsium merupakan zat gizi yang penting dikonsumsi ibu hamil, selain memperhatikan jumlah kebutuhannya perlu pula diperhatikan asupan vitamin D yang memengaruhi penyerapan kalsium. Jadi asupan vitamin D ibu hamil juga tetap diperhatikan ya.