Asupan Gizi Untuk Kesehatan Mata Anak

miopia (rabun jauh atau mata minus)-doktersehat

DokterSehat.Com– Masa kanak-kanak adalah masa dimana anak mengeksplorasi diri dengan belajar hal baru ya. Pada masa ini anak tentu belajar dengan melihat banyak hal, untuk itu penting bagi kita memberikan asupan gizi yang baik untuk kesehatan mata anak, apa sajakah?

Di zaman sekarang ini, anak tidak hanya belajar diluar ruangan saja namun belajar juga dari media digital atau gawai. Durasi anak belajar di luar ruangan hingga paparan sinar dari layar gawai pada mata anak tentu akan memengaruhi kesehatan mata. Hal ini yang membuat kesehatan mata anak kini menjadi perhatian penting.

Selain mengatur jadwal anak belajar di luar ruangan dan durasi belajar dari gawai, asupan gizi juga akan mendukung kesehatan mata anak dengan baik. Beberapa zat gizi yang penting diperhatikan untuk kesehatan mata anak diantaranya adalah:

1. Omega-3

Selain untuk perkembangan otak, omega 3 terbukti mampu mendukung perkembangan saraf dan otot mata. Hal ini akan meningkatkan fungsi visual dan retina mata anak yang sangat dibutuhkan, mengingat pada masa ini berbagai organ dalam tubuh anak berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

2. Antioksidan

Antioksidan terbaik untuk mata anak diperoleh dari asupan vitamin C dan E. Kedua vitamin ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu melindungi mata dari radikal bebas dan meningkatkan kualitas penglihatan anak.

3. Vitamin A

Seperti yang kita ketahui, vitamin A merupakan vitamin yang mampu mendukung kesehatan mata. Beberapa bentuk turunan vitamin A seperti beta karoten atau lutein, sebagai pigmen warna pada bahan makanan yang tinggi vitamin A, menjadi penting untuk mendukung penyerapan vitamin A yang baik.

4. Zink

Zink mampu mendukung distribusi vitamin A lebih baik sehingga vitamin A dapat diserap maksimal oleh tubuh.

Keempat zat gizi di atas bisa kita peroleh dari ikan laut, misalnya salmon atau tuna, buah berwarna oranye kuning, minyak biji bunga matahari, sayur berwarna merah oranye dan makanan hewani.

Jadi, usahakan agar anak selalu mengonsumsi variasi makanan di atas agar asupan zat gizi yang penting untuk mata bisa terpenuhi, ya.