Terbit: 27 April 2019 | Diperbarui: 27 April 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Astringent adalah salah satu bahan dalam produk skincare yang biasanya digunakan untuk membersihkan kulit setelah mencuci wajah. Selain terkandung dalam produk perawatan kulit, ini juga bisa Anda temukan dalam bahan alami tertentu. Selengkapnya ketahui berbagai manfaat hingga efek sampingnya bagi kulit. 

8 Manfaat Astringen Alami yang Bikin Kulit Wajah Bersih dan Glowing

Apa Itu Astringent?

Astringent adalah produk perawatan kulit berbahan dasar cairan yang biasa digunakan setelah mencuci wajah untuk menghilangkan sisa makeup dan pembersih. Ini juga diformulasikan untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit.

Astringen cenderung mengandung konsentrasi alkohol yang lebih tinggi (seperti SD alkohol atau alkohol yang diubah sifatnya) daripada toner. Keduanya juga biasanya mengandung bahan seperti asam salisilat untuk membantu melawan jerawat dan komedo.

Astringent Alami yang Membuat Kulit Cantik dan Sehat

Produk perawatan kulit ini membantu melawan bakteri dan membantu menghilangkan sisa-sisa riasan atau produk yang mengandung bahan kimia lainnya setelah beraktivitas seharian. Selain terdapat dalam produk skincare, Anda bisa menggunakan bahan alami sebagai astringent. 

Berikut ini astringen alami yang bisa Anda gunakan:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

1. Air Mawar

Air mawar adalah zat ringan yang sudah lama digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit. Menerapkannya dengan memercikan air mawar dapat mengurangi ukuran pori-pori, membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, dan mengurangi peradangan atau iritasi – ini terutama bagi kulit sensitif.

Tidak hanya tu saja, air mawar adalah cara terbaik untuk membersihkan dan menenangkan kulit, sehingga membuat kulit tampak glowing dan sehat. Wanginya yang khas dari mawar juga membuat Anda lebih relaks.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mentah dan organik seringkali menjadi zat yang bermanfaat bagi kulit. Cairan ini berkhasiat membantu mengecilkan pori-pori kulit dan kemudian menyerap minyak berlebih dari kulit, sehingga membantu meratakan warna kulit.

Cara membuat dan menggunakan astringent alami ini cukup mudah, tambahkan sekitar 25 mililiter cuka sari apel dalam 100 mililiter air suling dalam mangkuk. Kemudian aduk rata dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial lemon. lalu tuang campuran ini ke dalam wadah dan oleskan pada wajah dan leher secara merata dan teratur.

3. Mentimun

Sayuran ini juga berfungsi sebagai astringen alami dan membersihkan serta mencerahkan kulit. Ini karena mentimun mengandung banyak cairan yang dapat menjaga kelembapan kulit. Tidak hanya itu saja, mentimun juga membantu memudarkan noda pada wajah.

Cara menggunakannya, ambil irisan mentimun yang masih segar dan gosokkan pada kulit secara lembut untuk mengurangi flek hitam. Setelah beberapa saat, basuh wajah dengan air hingga bersih.

4. Air Lemon

Lemon mengandung asam askorbat yang membuatnya bertindak sebagai astringent alami yang dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang kecil dapat mengurangi sekresi minyak berlebih, kemerahan, dan mencerahkan kulit untuk mendapatkan warna kulit yang merata.

Caranya, campurkan perasan air lemon ke dalam air dan aduk sampai merata. Kemudian mengaplikasikannya campuran ini pada wajah sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 10 Manfaat Cuci Muka, Bukan Sekadar Membuat Wajah Bersih!

5. Chamomile

Bunga berwarna putih ini tidak hanya bisa mengecilkan pori-pori kulit, tetapi juga menghilangkan kotoran dan mengontrol sekresi minyak sehingga kulit wajah tampak lebih sehat.

Rebuslah bunga chamomile kering dan daun mint kering dalam dua cangkir air. Setelah membiarkan dingin selama beberapa menit, tuangkan ke dalam wadah kosong kemudian oleskan air rebusan ini setiap hari pada wajah untuk merevitalisasi kulit.

6. Teh Hijau

Green tea atau teh hijau mengandung banyak katekin, senyawa alami yang berfungsi membuat kulit lebih kencang. Jenis teh ini juga kaya akan antioksidan, senyawa yang melawan radikal bebas penyebab keriput, garis halus, dan bintik-bintik penuaan.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, cukup menyeduh sekantong teh hijau segar, biarkan kantong sampai dingin, dan oleskan ke wajah secara lembut. Mengoleskan kantong teh hijau secara rutin dapat mengurangi keparahan jerawat, mengurangi kerusakan akibat sinar matahari, dan berfungsi sebagai toner kulit. 

7. Witch Hazel

Tanaman berbunga ini menjadi salah satu zat alami yang bagus untuk kulit. Meskipun terkadang dicampur dengan alkohol, tetapi mereka yang memiliki kulit kering alami juga dapat menggunakannya yang bebas alkohol.

Manfaat witch hazel dapat mengencangkan pori-pori, membersihkan minyak dan sel kulit mati, serta memberikan perlindungan dari bakteri dan jamur.

8. Daun Mint

Mint adalah astringent karena memiliki efek mendinginkan dan menyejukkan pada kulit, serta mengurangi rasa gatal dan iritasi. Daun beraroma khas ini tinggi asam salisilat, yang banyak digunakan dalam produk untuk mengelupas sel-sel mati. 

Manfaat utama dari daun mint untuk kulit, termasuk membersihkan dan mendesinfeksi pori-pori, membantu mengangkat sel-sel mati, meningkatkan warna kulit, dan menenangkan gatal.

Bahan-bahan alami di atas bisa menjadi bahan pelengkap pada sejumlah skincare. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami tersebut secara langsung atau menggunakan ekstrak dari bahan alami tersebut yang sudah dikemas dalam skincare.

Cara Menggunakan Astringent yang Aman untuk Kulit Wajah

Produk ini biasanya digunakan setelah pembersihan kulit wajah. Ini bisa mengeringkan kulit, untuk itu gunakan hanya sekali sehari, baik pada pagi atau sore hari. Jika memiliki kulit yang sangat berminyak, aplikasikan pada pagi dan sore hari setelah beberapa hari pemakaian sekali sehari.

Berikut ini langkah-langkah cara menggunakan astringent:

  • Bersihkan wajah dan keringkan sepenuhnya dengan handuk bersih.
  • Teteskan sedikit ke atas kapas.
  • Dengan gerakan mengusap, oleskan kapas tersebut ke wajah, lakukan perawatan pada area berminyak. Sebaiknya tidak perlu membilasnya setelah penggunaan.
  • Ikuti penggunaannya dengan pelembap dan tabir surya yang mengandung SPF.

Baca Juga: Double Cleansing, Metode yang Bikin Kulit Wajah Lebih Bersih dan Sehat

Efek Samping Astringen

Produk ini bisa sangat mengeringkan kulit. Oleh karenanya, hindari yang berbahan dasar alkohol dan bahan kimia jika memiliki kulit kering atau sensitif.

Jika memiliki jerawat dan kulit kering, astringent akan semakin mengiritasi jerawat, yang menyebabkan pengelupasan dan semakin kemerahan pada kulit.

Selain itu, hindari astringen berbahan alkohol jika menderita eksim atau rosacea. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba toner pelembap atau pelembap bebas minyak, atau mintalah rekomendasi dari dokter kulit yang mungkin dapat meresepkan pengobatan yang lebih efektif.

Jika memiliki kulit berminyak dan akan menggunakan astringen berbahan dasar alkohol, sebaiknya pertimbangkan untuk hanya merawat bagian kulit yang berminyak. Cara ini dapat membantu mencegah iritasi pada kulit.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Natural Astringents. http://www.mybeautymyskin.com/natural-astringents (Diaskes pada 27 April 2012)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. 7 All-Natural Astringents for Healthy and Beautiful Skin. https://www.healthstatus.com/health_blog/acne-2/7-all-natural-astringents-for-healthy-and-beautiful-skin/?ModPagespeed=off (Diaskes pada 27 April 2012)
  3. Chertoff, Jane. 2019. What Is Astringent?. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/astringent (Diaskes pada 27 April 2012)
  4. Palmer, Angela. 2020. Astringent vs. Toner: Which Is Right for Your Skin?. https://www.verywellhealth.com/astringent-vs-toner-4151988 (Diaskes pada 27 April 2012)
  5. Rana, Sarika. 2017. 5 Natural Homemade Astringents For Oily Skin. https://food.ndtv.com/beauty/5-natural-homemade-astringents-for-oily-skin-1775822 (Diaskes pada 27 April 2012)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi