Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Astringen merupakan salah satu bahan yang dapat mengembalikan kesegaran kulit. Bicara soal astringen, Anda dapat menggunakan skincare tertentu atau memilih bahan-bahan alami yang lebih mudah untuk didapatkan dan aman bagi kesehatan kulit. Bicara soal astringen alami, astringen tersebut biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat mengencangkan jaringan tisu dan menjadikan kulit terasa lebih segar, lembap dan lembut. Nah, berikut dafatr bahan yang dapat digunakan sebagai astringen alami.

Astringen Alami untuk Menjaga dan Merawat Kulit

1. Air Mawar

Dilansir dari laman My Beauty My Skin, air mawar merupakan salah satu jenis astringe alami. Tidak hanya menyegarkan, penggunaan air mawar juga dapat mengecilkan pori-pori wajah. Wanginya yang khas juga menjadikan Anda lebih relaks.

2. Witch Hazel

Tanaman yang berasal dari daratan utara Amerika ini ternyata juga biasa digunakan sebagai astringen alami. Bahkan, penggunannya kerap dikombinasikan dengan alkohol. Kendati demikian, Anda dapat menggunakan ekstrak dari witch hazel secara langsung. Astringen satu ini sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit kering.

3. Green Tea

Air rendaman green tea yang mengandung antioksidan tinggi juga dapat digunakan untuk menyegarkan kembali sel kulit. Tidak hanya itu saja, menggunakan green tea sebagai astringen alami juga dapat menjauhkan Anda dari risiko kulit berjerawat serta menyerap kelebihan minyak.

4. Mentimun

Selain bahan-bahan di atas, Anda dapat menggunakan mentimun. Mentimun sendiri mengandung cairan yang cukup banyak yang dapat menjaga kelembapan sel kulit. Tidak hanya itu saja, mentimun juga membantu Anda dalam memudarkan noda-noda di wajah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Bahan-bahan alami di atas rupanya juga menjadi bahan pelengkap pada sejumlah skincare. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami tersebuts ecara langsung atau menggunakan ekstrak dari bahan alami tersebut yang sudah dikemas dalam skincare.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi