Benarkah Aspirin Bisa Mencegah Serangan Jantung?

aspirin-untuk-jerawat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu jenis obat sederhana yang paling terkenal di dunia adalah aspirin. Obat ini disebut-sebut bisa menangani berbagai masalah kesehatan dan bahkan dianggap sebagai pencegah penyakit jantung. Apakah hal ini benar adanya?

Menurut pakar kesehatan, meskipun memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, dalam realitanya aspirin bukanlah obat pencegah serangan jantung. Aspirin lebih cocok untuk dianggap sebagai obat yang mencegah penggumpalan darah agar tidak menjadi lebih parah karena jika dibiarkan, maka aliran darah bisa tersumbat dan akhirnya memicu serangan jantung. Hal ini berarti, kita tidak bisa terus-terusan mengonsumsi aspirin demi menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Jika terlalu banyak mengonsumsi aspirin, maka kita justru akan lebih rentan mengalami iritasi pada lambung dan hati mengingat kandungan di dalam obat ini memang bisa memberikan dampak buruk bagi kedua organ di dalam tubuh lainnya. Karena alasan inilah hampir seluruh praktisi kesehatan di seluruh dunia hanya menganjurkan konsumsi aspirin pada mereka yang sudah memiliki penyakit jantung.

Jika orang biasa rutin mengonsumsi aspirin karena menganggapnya sebagai obat yang bisa mencegah kedatangan serangan jantung, maka mereka tentu akan lebih rentan terkena gangguan pada saluran pencernaan.

Melihat adanya fakta ini, jangan mengonsumsi obat secara sembarangan. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi atau membeli obat agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya dan tidak mendapatkan efek sampingnya.