Terbit: 24 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ritme sirkadian adalah jam biologis tubuh yang mengatur kapan kita perlu tidur dan bangun untuk beraktivitas. Pada bayi yang baru lahir umumnya belum memiliki ritme sirkadian yang teratur sehingga banyak bayi yang aktif di malam hari namun tertidur pulas di siang hari. Namun ternyata dengan menyusui bayi dapat mengatur jam biologisnya karena dalam ASI terdapat hormon yang dapat membantu mengatur ritme sirkadian dalam tubuh.

ASI Memengaruhi Ritme Sirkadian Bayi

Kandungan ASI berhubungan dengan ritme sirkadian

Dikutip dari Belly Belly, berikut ini komponen dalam ASI yang dipercaya berhubungan dengan ritme sirkadian bayi:

1. Kandungan lemak dalam ASI mencerminkan ritme sirkadian
Tahukah Anda bahwa kandungan ASI saat pagi berbeda dengan ASI saat malam? Saat pagi atau siang hari umumnya ASI memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada malam hari. Para ahli mengaitkan hal ini dengan kebutuhan lemak pada bayi yang lebih banyak digunakan saat bayi beraktivitas pada pagi dan siang hari.

2. Asam amino dalam ASI dapat membuat bayi lebih nyenyak
Saat malam, ASI mengandng triptofan, asam amuni yang digunakan tubuh untuk membuat hormon melatonin. Melatonin membantu merangsang otak bayi untuk tidur. Tingkat triptofan dalam ASI dapat meningkat dan menurun mengukuti ritme sirkadian ibu. Hal ini menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu bayi mengembangkan ritme sirkadian bayi dan membuatnya lebih nyenyak di malam hari.

3. ASI mengandung mineral yang memengaruhi ritme sirkadian
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ritme sirkadian dalam tubuh dipengaruhi oleh kadar mineral tertentu seperti kalsium, fosfor dan magnesium yang juga terdapat dalam ASI. Namun pada ahli berpendapat masih perlu penelitian lanjutan untuk menentukan hubungan antara kandungan mineral dalam ASI dan ritme sirkadian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi