10 ASI Booster Alami yang Paling Efektif

asi-booster-doktersehat

DokterSehat.Com – Apabila Anda sedang memberikan program ASI eksklusif untuk bayi, namun ASI yang keluar sedikit, maka sebaiknya gunakan ASI booster. Ketahui apa saja ASI booster alami hingga tips agar ASI lancar!

Apa Itu ASI Booster?

ASI booster adalah sumber makanan, minuman, herbal, atau vitamin yang dikonsumsi untuk melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

ASI booster memiliki kandungan alami untuk meningkatkan produksi ASI sehingga bayi Anda mendapat asupan yang cukup, terutama dalam program ASI eksklusif selama 6 bulan.

Sebagian orang mungkin memilih menggunakan susu formula untuk si Kecil saat ASI yang keluar sedikit, namun sebenarnya Anda bisa menangani masalah tersebut dengan menggunakan booster ASI alami agar ASI keluar deras dan bayi Anda mendapat asupan gizi dan nutrisi yang sempurna.

ASI Booster Alami

ASI atau air susu ibu adalah asupan terbaik yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, serta vitamin A, B, C, D, E, dan K. Karena itu, sangat disarankan agar ibu memberikan ASI eksklusif pada bayi dibandingkan dengan susu formula.

Bila ASI yang keluar sedikit, sebaiknya ibu jangan panik karena terdapat banyak ASI booster alami untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Nah, apa saja ASI booster alami yang aman dan ampuh dikonsumsi? Berikut ini adalah daftarnya!

  1. Air Putih

Daftar ASI booster yang pertama adalah air putih. Air putih dapat meningkatkan volume produksi air susu serta memperlancar proses laktasi bagi ibu menyusui. Manfaat air putih juga untuk membuat Anda tetap terhidrasi karena ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup.

Ibu menyusui disarankan untuk minum air putih sebelum mulai menyusui bayi dengan jumlah total air putih yang dianjurkan sebanyak 3,1 liter per hari.

  1. Susu Sapi

Bila ASI Anda tidak lancar atau keluar sangat sedikit, sebaiknya Anda mengkonsumsi susu sapi 2-3 gelas setiap hari.

Susu sapi mengandung sumber kalsium yang sangat tinggi untuk membantu memproduksi ASI lebih banyak dan membantu agar proses laktasi lancar. Minum susu sapi saat menyusui juga baik untuk melatih agar bayi Anda tidak alergi susu sapi nantinya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Air Susu Ibu (ASI)

  1. Daun Katuk

Anda mungkin sering mendengar bahwa orang-orang menggunakan daun katuk untuk melancarkan produksi ASI secara tradisional. Faktanya, menurut penelitian baik rebusan daun katuk dan ekstrak daun katuk memang sangat efektif untuk memenuhi kecukupan produksi ASI.

Hal ini dikarenakan daun katuk mengandung vitamin C, D, protein, dan asam folat untuk memenuhi gizi ibu dan bayi. Selain itu, manfaat daun katuk juga efektif untuk menambah berat badan bayi. 

  1. Susu Almond

ASI booster terbaik selanjutnya adalah susu almond. Almond merupakan sumber protein, kalsium, omega 3, dan vitamin E yang sangat efektif untuk memperlancar produksi ASI.

Manfaat almond juga untuk meningkatkan hormon laktasi dan mengatasi gatal-gatal akibat stretch mark pasca melahirkan. Anda dianjurkan untuk minum susu almond rutin sebanyak 2 kali sehari, atau Anda juga bisa mengkonsumsi camilan sehat lainnya yang mengandung almond.

Bila ASI Anda tidak lancar, sebaiknya Anda mencoba salah satu jenis ASI booster alami tersebut yang sudah terbukti ampuh untuk melancarkan ASI. Bila itu saja tidak cukup, terdapat ASI booster terbaik lainnya untuk Anda coba.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Susu Ibu (ASI) untuk Bayi

Makanan ASI Booster

Berikut ini adalah daftar makanan ASI booster untuk ibu yang produksi ASI-nya sedikit atau tidak lancar, yaitu:

  1. Oatmeal

Makanan ASI booster yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal mengandung zat besi, protein, antioksidan, serta energi untuk membantu memproduksi ASI lebih banyak.

Manfaat oatmeal lainnya adalah untuk mengurangi risiko diabetes pasca kehamilan serta melancarkan pencernaan karena oatmeal mengandung nilai serat yang tinggi.

Selain itu, oatmeal juga mudah disajikan. Ibu menyusui dapat membuat oatmeal dengan tambahan barley, stroberi, dan buah-buahan lainnya yang enak dan sehat.

  1. Salmon

Salmon adalah salah satu makanan ASI booster yang paling direkomendasikan karena salmon mengandung omega 3 dan EFA atau lemak esensial yang paling dibutuhkan untuk meningkatkan hormon laktasi untuk memproduksi ASI lebih banyak dan bergizi.  

  1. Beras Merah

Ibu menyusui disarankan untuk mengganti makanan pokok beras putih menjadi beras merah yang lebih bernutrisi dan menyehatkan.

Berdasarkan jurnal yang terbit di Jurnal Ilmu Farmasi dan Biologi Dunia, beras merah dapat menstimulasi hormon laktasi, meningkatkan produksi ASI, sekaligus menambah energi ekstra bagi ibu menyusui.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki rasa manis serta mengenyangkan. Ternyata ubi jalar juga termasuk dalam Asi booster terbaik, lho.

Kandungan ubi jalar terdiri dari kalium, vitamin C, vitamin B kompleks, serta magnesium yang berperan untuk memperlancar produksi ASI. Manfaat ubi jalar lainnya adalah sebagai makanan diet pasca melahirkan.

Ibu menyusui dapat menjadikan ubi jalar sebagai bahan utama camilan sehat sekaligus booster ASI dengan berbagai olahan seperti direbus, dijadikan smoothies, puding, dll.

  1. Bayam

Terdapat banyak sekali manfaat bayam bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk melancarkan produksi ASI. Bayam mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat yang baik untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi.

Sayur bayam juga efektif untuk mengatasi gejala anemia pada ibu menyusui serta mencegah kanker payudara.

Selain itu, Anda biasanya memasak bayam dengan bahan pelengkap wortel dan bawang putih. Ternyata, wortel dan bawang putih juga termasuk dalam ASI booster, lho!

Baca Juga: Saat Masa Menyusui, Masih Perlukah Ibu Minum Susu?

  1. Biji-Bijian

Daftar biji-bijian yang termasuk dalam ASI booster terbaik, yaitu:

  • Biji fennel
  • Biji fenugreek
  • Wijen
  • Barley
  • Jintan putih
  • Biji poppy
  • Gandum

Biji-bijian tersebut termasuk dalam jenis whole grain atau biji-bijian utuh yang mengandung nutrisi utuh. Biji-bijian whole grain juga mengandung  beta-glucan untuk membantu produksi ASI jadi lancar.

Nah, itulah daftar ASI booster alami yang dapat Anda coba untuk memperlancar serta menambah produksi ASI Anda. Anda dapat mengkombinasikan makanan ASI booster tersebut dengan bahan-bahan menyehatkan lainnya untuk memenuhi asupan gizi yang cukup bagi ibu menyusui.

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari ibu menyusui karena dapat mengganggu produksi ASI:

  • Makanan yang menghasilkan banyak gas di tubuh seperti kentang, pisang, mangga, kubis, kacang-kacangan, dll.
  • Beberapa jenis daun-daunan seperti thyme, peterseli, peppermint, dll.
  • Aneka junk food, soda, dan alkohol.  

Ibu menyusui harus benar-benar memperhatikan asupan makanannya karena itu akan berpengaruh pada produksi ASI serta kesehatan bayi. Anda mungkin juga harus konsultasi ke dokter untuk tambahan suplemen dan vitamin.

Tips agar ASI Lancar

Berikut ini adalah tips agar ASI tetap lancar, yaitu:

  • Gunakan Pumping: Anda dianjurkan untuk pompa ASI untuk menjaga suplai ASI setiap saat.
  • Pijat Payudara: Pijat payudara dapat membantu untuk melancarkan aliran ASI yang terhambat.
  • Jangan Panik atau Stres: Bila ASI Anda tidak lancar, jangan stres atau panik. Anda dapat mencoba ASI booster atau konsultasi pada dokter.

Itulah daftar ASI booster alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ASI tidak lancar. Anda juga dianjurkan untuk menjalankan gaya hidup sehat untuk menekan faktor penyebab ASI keluar sedikit.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. Lakshmeez. 2019. 25 Best Foods To Increase Breast Milk. https://www.momjunction.com/articles/best-foods-to-increse-breast-milk_0076100/#gref. (Diakses pada 24 Oktober 2019). 
  2. Juliastuti. 2019. EFEKTIVITAS DAUN KATUK (SAUROPUS ANDROGYNUS) TERHADAP KECUKUPAN ASI PADA IBU MENYUSUI DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR. Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh: Aceh.