DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia, khususnya yang sudah berusia tua adalah katarak. Penyakit katarak ini akan membuat penglihatan kabur dan membuat penderitanya sensitif dengan cahaya yang terang namun kesulitan untuk melihat saat cahaya cukup redup. Yang menjadi masalah adalah, jika tidak segera ditangani, penglihatan penderita katarak akan terus menurun.

doktersehat-rokok-ganja

Pakar kesehatan Iwan Sovani dari Rumah Sakit mata Cicendo menyebutkan bahwa ada beberapa penyebab dari katarak. Salah satu penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari yang cukup lama pada mata. Selain itu, masalah kesehatan seperti diabetes atau peradangan pada mata bagian tengah dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan masalah kesehatan ini.

Yang tidak disangka adalah, salah satu penyebab tingginya kasus katarak di Indonesia ternyata adalah karena asap rokok. Sebagaimana kita ketahui, jumlah perokok di Indonesia sangatlah banyak sehingga kita akan cenderung kerap terkena paparan asap rokok ini saat berada di tempat umum. Sayangnya, tidak hanya bisa memicu gangguan kesehatan pada jantung dan paru-paru, asap rokok ini ternyata juga bisa memicu gangguan pada permukaan kornea mata dan akhirnya meningkatkan resiko terkena katarak.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menghindari asap rokok dengan cara tidak menjadi perokok dan sebisa mungkin tidak menjadi perokok pasif. Tak hanya itu, ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan seperti buah apel, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, strawberry, serta sayuran layaknya brokoli, tomat, asparagus, ubi merah, tomat, kacang kenari, dan kacang almond. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan serta vitamin, diharapkan mata akan tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit seperti katarak.