Asam Urat Tinggi Belum Tentu Timbulkan Gejala

nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Banyak penderita asam urat tinggi yang tidak menyadari adanya masalah kesehatan ini di dalam tubuhnya karena tidak pernah mengalami gejala apapun. Padahal, bisa jadi kadar asam urat dalam tubuhnya sudah melebihi angka 9. Sebenarnya, apa sih penyebab dari hal ini?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan bahwa kadar asam urat yang melebihi 7 sudah dianggap tinggi. Hanya saja, sebagian penelitian lain juga menyebutkan bahwa kadar asam urat dianggap tinggi jika sudah melebihi angka 9. Meskipun sudah melebihi angka-angka tersebut, kadangkala asam urat tinggi tidak menimbulkan gejala apapun seperti nyeri sendi atau pembengkakan. Lantas, apakah hal ini berarti penderitanya tidak perlu mengkhawatirkan kondisi ini?

Masalah asam urat ternyata tidak hanya akan memberikan dampak bagi kondisi persendian saja, melainkan juga pada berbagai anggota tubuh lain, termasuk organ dalam. Jadi, meskipun kita tidak sampai mengalami gejala asam urat di persendian, bisa jadi organ-organ di dalam tubuh harus bekerja dengan lebih keras atau mulai mengalami kerusakan akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan akan menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Kadar asam urat yang tinggi bisa menyebabkan masalah bagi organ ginjal, tepatnya dalam hal menyebabkan nephropati yang bisa merusak fungsinya. Jika sampai ginjal tak lagi berfungsi, penderitanya tentu harus rajin menjalani hemodialisa atau cuci darah demi bisa bertahan hidup. Selain itu, penderita asam urat tinggi juga akan lebih rentan terkena batu ginjal.

Meski tidak memicu gejala asam urat, bisa jadi di masa depan penderita asam urat akan mengalami rasa nyeri yang tak tertahankan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The King of Pain, dihasilkan fakta bahwa skala nyeri yang muncul akibat terus menumpuknya asam urat di dalam tubuh adalah di angka 8 dari skala 1 hingga 10. Selain itu, dalam banyak kasus, penderita asam urat bisa jadi tak lagi mampu berjalan karena persendian dalam tubuhnya tak lagi bisa ditekuk.

Karena alasan inilah, penderita asam urat harus rajin minum obat penurun asam urat dan menerapkan gaya hidup yang sehat demi mencegah serangan penyakit ini.