Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Teh?

teh-hitam-untuk-merawat-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Teh dikenal luas sebagai minuman yang baik bagi kesehatan. Minuman yang kaya akan antioksidan ini bisa dikonsumsi dalam kondisi hangat ataupun dingin. Banyak pakar yang merekomendasikan minuman ini karena bisa menenangkan pikiran dan meredakan stres. Hanya saja, apakah penderita asam urat masih boleh mengonsumsi teh.

Pakar kesehatan menyebut penderita asam urat masih boleh minum teh. Hanya saja, mereka memang tidak boleh mengonsumsinya dengan berlebihan karena adanya kandungan kafein yang ternyata bisa membuat asam urat kambuh. Selain itu, teh yang diminum juga sebaiknya tidak ditambahi dengan gula sehingga membuat rasanya menjadi terlalu manis karena hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi asam urat.

Mengapa kandungan kafein di dalam teh bisa membahayakan asam urat? Hal ini disebabkan oleh kemampuan teh, apalagi teh manis yang bisa mempengaruhi intensitas aliran darah. Jika hal ini terjadi, maka kondisi asam urat yang ada di dalam persendian juga akan rentan untuk kambuh.

Lantas, bagaimana dengan kopi, minuman yang juga dikenal luas kaya akan kandungan kafein? Pakar kesehatan menyebut minuman ini juga bisa memicu asam urat kambuh. Hanya saja, asalkan dikonsusi dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan, hal ini sepertinya tidak apa-apa untuk dilakukan.

Meskipun begitu, ada baiknya penderita asam urat memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui seperti apa kondisi asam urat yang dideritanya. Jika memang sudah parah, pastikan untuk bertanya kepada dokter tentang asupan makanan dan minuman yang bisa mencegah datangnya kekambuhan asam urat, termasuk teh.