Dampak Minum Susu Bagi Penderita Asam Urat

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul British Medical Journal and Annals of the Rheumatic Diseases menghasilkan fakta tentang konsumsi susu skim. Jika penderita asam urat rajin mengonsumsinya, maka gejala penyakit yang mereka derita bisa diturunkan dengan signifikan.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa kandungan susu skim, yakni ekstrak lemak susu G600 dan glycomacropeptide bisa menjadi penurun gejala nyeri yang disebabkan oleh asam urat dengan signifikan.

Sebelum penelitian ini, terdapat penelitian lain yang juga dilakukan untuk mengetahui kaitan antara konsumsi susu skim dan penyakit asam urat. Dalam penelitian ini, 120 penderita asam urat dilibatkan. Para penderita ini diketahui setidaknya mengalami dua kali serangan asam urat selama 4 bulan penelitian.

Para partisipan ini kemudian dibagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok yang mengonsumsi susu skim bubuk, kelompok yang mengonsumsi susu bubuk laktosa, dan kelompok yang mengonsumsi susu skim dengan kandungan G600 serta glycomacropeptide. Setiap bulan, para partisipan ini dicek kondisi kesehatannya, termasuk dicek tentang frekuensi serangan asam urat yang mereka alami.

Di akhir masa penelitian, dihasilkan fakta bahwa penderita asam urat yang mengonsumsi susu skim dengan kandungan G600 dan glycomapropeptide mengalami penurunan frekuensi gejala asam urat dengan signifikan. Menurut para peneliti, mereka yang mengonsumsi susu skim jenis ini mengalami perbaikan pada sendi tender. Jumlah kadar asam urat di dalam tubuhnya juga cenderung mengalami penurunan dengan signifikan.

“Percobaan ini menunjukkan bahwa konsumsi harian susu bubuk skim dengan kandungan glycomapropeptide dan G600 mampu menurunkan frekuensi kekambuhan asam urat. Susu ini juga tidak akan memicu kenaikan berat badan dan efek samping lainnya,” tulis peneliti.