Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Susu Bubuk?

Doktersehat-minum-susu-setelah-minum-obat
Photo Credit: Flickr.com/4s Milk

DokterSehat.Com– Penderita asam urat memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Jika sampai yang mereka konsumsi adalah makanan atau minuman dengan kandungan purin atau kolesterol, bisa jadi kondisi asam urat yang diderita akan menjadi lebih parah.

Banyak penderita asam urat yang mengaku ragu untuk mengonsumsi susu meskipun minuman ini dikenal luas kaya akan nutrisi menyehatkan. Sebagian dari mereka bahkan yakin jika susu, termasuk susu bubuk kaya akan kandungan purin.

Menurut pakar kesehatan, susu yang paling cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah susu sapi biasa ataupun susu bubuk. Sementara itu, susu kedelai ternyata tidak dianjurkan bagi penderita asam urat karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi kondisi kesehatannya mengingat kadar purinnya yang cukup tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini berarti, penderita asam urat hanya perlu memilih susu yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari.

Selain susu, penderita asam urat sebaiknya memperhatikan konsumsi makanannya setiap hari. Sebagai contoh, ada beberapa jenis makanan yang dikenal luas memiliki kandungan purin yang sangat tinggi dengan kadar purin 100-1.000 mg untuk setiap 100 gramnya. Makanan-makanan ini adalah jeroan, hati, jantung, ginjal hewan, kaldu, daging bebek, ikan sarden, ikan makarel, kerang, serta remis. Makanan-makanan ini jelas harus dihindari oleh penderita asam urat.

Sementara itu, makanan dengan kadar purin yang sedang atau sekitar 9 hingga 100 mg purin untuk setiap 100 gramnya adalah daging sapi, ikan-ikanan, daging ayam, daging udang, kacang kering seperti tahu dan tempe, sayur bayam, daun singkong, kangkung, biji melinjo, dan asparagus. Makanan-makanan ini sebaiknya dibatasi asupannya sekitar 50-75 gram saja setiap hari. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi daging, ada baiknya dikonsumsi sekitar 1 hingga 1,5 potong saja. Jika kita ingin makan sayur, ada baiknya sayuran yang sudah disebutkan sebelumnya dibatasi konsumsinya sebanyak 1 mangkok atau sekitar 100 gram saja.

Terdapat pula makanan dengan kadar purin yang rendah sehingga masih bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat. Makanan-makanan ini adalah nasi, singkong, ubi, jagung, mie, bihun, roti, tepung beras, kue kering, susu, keju, telur, dan buah-buahan.