Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Es Teh Manis?

es_teh_manis_doktersehat_1
Photo Source: Mr.Tin DC

DokterSehat.Com– Es teh manis dikenal luas sebagai minuman yang paling sering dipesan saat kita makan di luar rumah. Rasanya yang segar bisa menghilangkan dahaga dan sensasi panas, apalagi jika kita mengonsumsinya di siang hari. Hanya saja, apakah penderita asam urat boleh mengonsumsi es teh manis?

Sebagaimana kita ketahui, penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi makanan dengan sembarangan karena jika sampai mereka mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin, dikhawatirkan risiko terkena serangan asam urat akan meningkat.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita asam urat. Sebagai contoh, mereka harus memperhatikan diet harian seperti menghindari makanan layaknya makanan laut, daging berlemak, minuman yang memiliki kandungan pemanis, melinjo, jeroan, emping, atau bahkan sayur bayam. Selain itu, mereka juga harus menjaga berat badannya tetap dalam kondisi yang ideal karena jika sampai mengalami masalah obesitas, maka tubuh akan memproduksi asam urat dengan jumlah yang lebih banyak dan akhirnya membuat risiko terkena serangan asam urat meningkat.

Lantas, bagaimana dengan es teh manis. Bukankah penderita asam urat diminta untuk menghindari minuman berpemanis?

Pakar kesehatan menyebut teh termasuk dalam minuman yang sangat baik bagi kesehatan, termasuk bagi penderita asam urat. Teh memiliki sifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil. Dengan lebih banyak urine yang dikeluarkan oleh tubuh, maka kita pun akan mengeluarkan asam urat dengan jumlah yang lebih banyak. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi teh tawar atau teh dengan tambahan gula yang sedikit, bukannya teh manis yang tinggi kandungan gula yang memang kurang baik bagi kesehatan.

Selain lebih menyarankan konsumsi teh tawar, pakar kesehatan juga menyarankan penderita asam urat untuk lebih banyak mengonsumsi air putih demi membantu proses peluruhan asam urat dari dalam tubuh. Selain itu, penderita asam urat juga disarankan untuk rajin berolahraga setidaknya setengah jam setiap hari dan menjaga berat badan tetap ideal agar tidak mudah terkena serangan asam urat di persendian.