Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Ayam?

Bahaya-cuci-daging-ayam-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Alpha

DokterSehat.Com– Penderita asam urat memang tidak boleh mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Jika mereka mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan purin, bisa jadi kadar asam urat di dalam tubuh semakin meningkat sehingga serangan asam urat lebih sering datang. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah penderita asam urat boleh mengonsumsi daging ayam?

Daging ayam memiliki rasa yang enak dan mudah untuk diolah menjadi berbagai macam makanan lezat seperti ayam goreng, sup ayam, dan olahan lainnya. Daging ayam juga kaya akan kandungan nutrisi menyehatkan seperti protein, vitamin B dan asam amino yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, di dalam daging ayam juga kaya akan mineral seperti selenium seng, magnesium, fosfor, serta zat besi.

Sayangnya, dibalik berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh daging ayam, bahan makanan ini ternyat memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi 100 gram dada ayam lengkap dengan kulitnya, maka kita bisa mendapatkan 175 mg asam urat. Selain itu, di dalam 100 gram ceker ayam lengkap dengan kulitnya juga terdapat 110 mg asam urat. Bagian daging ayam lain seperti hati, usus, jantung, dan berbagai jeroan yang memiliki rasa yang lezat bahkan memiliki kadar purin yang jauh lebuh tinggi. Sebagai informasi, jeroan adalah salah satu bahan makanan yang wajib dihindari oleh penderita asam urat.

Lantas, apakah sebaiknya penderita asam urat tidak boleh makan daging ayam? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka sebenarnya masih boleh mengonsumsinya, hanya saja, khusus untuk bagian jeroan, ada baiknya penderita asam urat tidak mengonsumsinya. Jika ingin makan daging ayam, konsumsilah dengan porsi yang tidak banyak dan harus diolah dengan tepat. Sebagai contoh, ada baiknya kita tidak menggorengnya atau membakarnya karena bisa meningkatkan kadar kolesterol atau kandungan tidak sehat lainnya. Sebagai contoh, kolesterol juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan penderita asam urat.

Beberapa jenis makanan lain yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah makanan laut seperti kerang, cumi, atau udang karena memiliki kadar purin yang tinggi.