Penderita Asam Urat Boleh Makan Kue Ini

Photo Source: Flickr/Alwin N.A

DokterSehat.Com– Penyakit asam urat bisa memicu rasa nyeri, peradangan, dan rasa kaku pada persendian. Meskipun bisa menyerang semua persendian, dalam realitanya masalah kesehatan ini lebih sering menyerang persendian kaki. Demi mencegah serangan asam urat penderita asam urat harus menjaga gaya hidupnya agar tetap sehat, khususnya dalam memilih makanan yang aman bagi kondisi kesehatan mereka.

Meskipun harus menghindari beberapa jenis makanan yang tinggi kandungan purin dan kolesterol, bukan berarti penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi makanan erat. Sebagai contoh, penderita asam urat ternyata masih boleh mengonsumsi kue tart cherry.

Sebenarnya, bukan kue tart yang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penderita asam urat, melainkan buah cherry yang memiliki rasa segar. Di dalam buah ini terdapat kandungan flavonoid bernama anthosyanin. Kandungan ini bersifat anti oksidan dan anti peradangan. Bahkan, menurut Arthritis Foundation, didapatkan fakta bahwa mengonsumsi buah cherry bisa memberikan efek yang setara sebagaimana mengonsumsi obat anti peradangan non-steroid yang sering biasanya diberikan kepada penderita asam urat demi mencegah serangan penyakit ini.

“Dalam penelitian yang kami lakukan, mengonsumsi buah cherry berjenis Montmorency mampu meringankan sensasi nyeri pada persendian pada penderita asam urat,” ungkap Arthritis Foundation.

Selain buah cherry, penderita asam urat juga disarankan untuk mengonsumsi buah seperti stroberi dan raspberry merah. Stroberi termasuk dalam buah yang memiliki kandungan gula yang rendah. Bahkan, kadar vitamin C di dalamnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di dalam jeruk. Berbagai kandungan ini bisa membantu menurunkan risiko terkena asam urat, hipertensi, dan kolesterol. Arthritis Foundation menyarankan penderita asam urat untuk mengonsumsi 16 buah atau lebih buah ini demi membantu tubuh melawan peradangan pada persendian.

Di dalam buah raspberry merah juga tinggi kandungan vitamin C. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan antosianin yang mampu menurunkan efek peradangan dan rasa nyeri pada persendian.

“Di dalam raspberry merah terdapat senyawa bioaktif yang bisa menurunkan peradangan pada tubuh. Hal ini akan mencegah serangan asam urat dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, serta diabetes tipe 2,” jelas Arthritis Foundation.